Selasa, 24 Januari 2017

Resep Pizza yang Simpel


Resep Pizza yang Simpel


Musim hujan, dingin, lapar, enaknya bikin yang anget-anget. Baiklah, mari kita belajar memasak. Bagaimanapun saya suka di dapur termasuk memasak. Bukan pintar, tetapi hanya suka ya. Karena ini pizza pertama saya, kemarin saya mencari resep cara membuatnya. Dan, saya malah bingungkarena resepnya berbeda-beda. 

Resep Pizza yang Simpel
Pizza pertama
Bahan roti yang diperlukan:
  • 200 gr tepung terigu 
  • 2 sdt gula pasir
  • 3/4 ragi instan
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • air hangat secukupnya- saya hanya mengira-ngira saja, kalau di resep yang saya baca ada yang pakai air es ada juga yang pakai air hangat. Kira-kira 115 ml saja kalau di resep yang saya baca.
Udah itu saja, tetapi di resep lain ada yang memakai susu, ada yang memakai mentega. Sila saja kalau mau memakai itu. Pada pizza pertama, saya mencoba resep tanpa telur, ternyata hasilnya roti agak keras di bagian bawah. Kemudian saat saya memakai resep dengan telur rotinya lebih empuk.

Bahan toppingnya:
  • Bawang bombay
  • Paprika 
  • Saus tomat
  • Kornet
  • Sosis
  • Keju mozarella

Cara membuatnya:

Campur tepung, ragi, garam, minyak dan gula pasir, tambahkan air hangat dan uleni hingga kalis. Diamkan sekitar 30 menit hingga adonan mengembang. Bagi dua, karena loyang saya cukup kecil diameter 20 cm. Lalu pipihkan di loyang. Bagian bawah saya olesi margarin sedikit biar tidak lengket dan rotinya jadi krispi.

Setelah itu siapkan bahan toppingnya. Tumis bawang bombay bersama paprika yang telah dipotong-potong. Ada yang langsung ditabur mentah-mentah di atas adonan roti, tetapi saya takutnya kurang matang jadi saya tumis sebentar dengan saus tomat agar layu. Kemudian adonan roti lumuri saus tomat lalu tambahkan tumisan tadi, tambahkan potongan bahan lain, paling atas kalau bisa keju. Setelah saya lihat keju paling cantik kalau di taruh paling atas. Lihat saja gambar pizza pertama dan kedua. Atau sesuai selera anda sajalah. 


Resep Pizza yang Simpel
Setelah dipotong
Panggang di api kecil, sekitar 15 menit. Oh iya di percobaan resep tanpa telur, saya memanggang sampai 30 menit. Oh ya api kecil karena saya belum memakai oven khusus roti. Saya memakai alat pemanggang biasa, saya taruh diatasnya kemudian saya tutup. Semula saya mencari resep yang cara memanggangnya menggunakan teflon. Oke, selamat mencoba sobat.


Resep Pizza yang Simpel
Pizza ke dua



Resep Pizza yang Simpel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun