Rabu, 15 November 2017

DOA

"Aku percaya pada kekuatan doa
Dengan berdoa, aku menekan kesombonganku
Mengakui ada yang lebih dariku
Dan aku percaya dengan yang aku ucapkan"

PENENGAH PERTENGKARAN

Siang itu seperti siang lainnya, kami berbincang sekedarnya sambil mengerjakan ini itu. Dan seperti biasanya juga, dia akan bercerita atau saya yang akan memulainya. Dan sebenarnya dari percakapan-percakapan seperti ini saya belajar menjadi penyimak.

IKAN JULUNG JULUNG MILIK BELIAU

SEMUA IKAN DI LANGIT
Penulis: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Ilustrator: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Cetakan: Februari 2017
Penerbit: Grasindo
Tebal: 259 Halaman

Selasa, 29 Agustus 2017

Minggu, 30 Juli 2017

Soal Film

Sebenarnya saya sendiri lupa-lupa ingat, film apa saja yang sudah saya tonton. Dari sekian banyak film, ada beberapa film animasi yang saya sukai. Maksudnya, setiap saya melihatnya lagi saya masih bisa menikmatinya seperti saat saya melihatnya beberapa kali sebelum itu.

Berisik

...

Senin, 17 Juli 2017

Aron Si Pohon Tebu

Tangannya menyusuri kancing-kancing kemejaku, kemeja putih berpita pink di ujungnya. Dia membuka satu kancing paling atas, kancing kedua telah berpisah, kancing ketiga dibagian perut dan terus hingga...

Kamis, 22 Juni 2017

Sebelum Mudik

Sebentar lagi libur panjang datang, acara mudik segera tiba. Bagi pemilik binatang peliharaan seperti kucing, anjing atau yang lainnya, pasti sibuk memilih tempat penitipan binatang

Sabtu, 17 Juni 2017

Surat Untuk Masa Depan

Mungkin surat menyurat adalah hal lumrah antara seseorang kepada orang lainnya. Tetapi khusus kali ini aku kirimkan surat untuk diriku sendiri di masa depan.

Jumat, 16 Juni 2017

Seberapa Pantaskah

Semua orang pantas memiliki pasangan hidup yang baik, begitu kalau menurut pendapat saya. Kenapa? saya kira alasannya bisa banyak sekali. Tapi kalau pertanyaan ini kemudian dilontarkan untuk saya sendiri, dan harus memberikan alasannya apa saja, ya terpaksa saya menunjukkan hal yang sepertinya bakal saya karang-karang itu he he.

Kamis, 15 Juni 2017

Dia

Jadi, wawancara?
Anggap saja begitu, kalau yang kamu pikirkan begitu.
Oh, kupikir ini lebih mirip dengan 'mengumbar rahasia'

Rabu, 14 Juni 2017

Peristiwa Memalukan

Peristiwa yang memalukan mungkin pernah terjadi pada siapa saja. Hanya saja kadar memalukannya yang berbeda. Misalnya saja teman saya bercerita tentang peristiwa memalukan yang dialaminya, bisa jadi peristiwa teman tadi bagi saya atau orang lain masih tidak cukup memalukan.

Selasa, 13 Juni 2017

Kehilangan Terbesar Itu

Kehilangan terbesar dalam hidup aku itu apa ya kira-kira? Kalau aku ingat-ingat lagi, kepergian almarhum ibu memang sesuatu yang sangat besar, tetapi mungkin karena aku sendiri tidak begitu ingat banyak kenangan bersamanya, justru kehilangan itu seperti biasa saja. Seperti, kehilangan sesuatu yang memang tidak pernah aku miliki. Baca saja di sini surat untuk ibu aku itu.

5 Binatang Paling Imut

Jumlah binatang di seluruh dunia sangat banyak dan belum pernah melihat seluruhnya dari dekat. Jadi yang kupilih cukup binatang yang aku ketahui saja. Berikut 5 binatang yang ingin aku pelihara:

Aku dalam Satu Paragraf

Aku penyuka semua binatang yang berbulu lebat, berkumis, berekor dan berkaki empat. Bisa jadi kucing salah satunya. Dari gejalanya aku termasuk manusia introver. Penyuka warna biru dan putih. 

Selasa, 06 Juni 2017

Sedikit Info Sebelum Berkunjung ke Grahatama Pustaka

Pertama kali berkunjung ke Grahatama Pustaka


Pernah ke gedung perpustakaan terbesar di Jogja dan Jateng ini? Jika belum, biar enggak kaget ini sedikit informasi yang mungkin kamu perlukan. Pengalaman pertama saat saya berkunjung ke sana sebenarnya cukup memalukan juga, karena sempat ditegur oleh salah satu petugas karena tidak mengetahui beberapa hal berikut. Misalnya saja tempat parkir, kantin, toilet, ruang perpustakaan dan lainnya. Terakhir ke sana dua minggu yang lalu.

Rabu, 31 Mei 2017

Puasa Belanja Buku dan Kelinci

Di bulan puasa ini saya juga ikutan puasa, puasa belanja buku. Beberapa bulan ini saya agak mengerem dulu untuk membeli buku. Meskipun hasrat untuk membeli tentu saja masih ada, akan ada dan terus ada. Sebisa mungkin saya ganti keinginan itu dengan membaca buku lebih banyak terlebih dahulu. Kebetulan masih ada beberapa buku yang belum rampung saya baca.

Selasa, 30 Mei 2017

Air Bersih Menjadi Barang Langka

Kemarin sore aliran air PAM di rumah mati, jadilah saya kebingungan untuk memasak. Padahal paginya masih baik-baik saja. Bukan kali pertama sebenarnya aliran air dari PAM mati, dan membuat kerepotan. Air sempat mengalir baik sekitar waktu magrib tetapi pagi tadi air kembali mengecil dan hampir tidak bisa untuk apa-apa. Selama ini sesekali memang sering mati alirannya, tetapi saya masih diam saja.

Rabu, 24 Mei 2017

Lessons

"One thousand days of lessons for discipline, ten thousand days of lessons for mastery"
- Miyamoto Musashi

First

"It May seem difficult at first, but everything is difficult at first"
-Miyamoto Musashi

Pengalaman Pertama Jalan Santai

Jalan sehat, senam dan aktivitas lainnya

Jalan kaki, lari jarak jauh, sebagian dari aktivitas yang jarang sekali saya lakukan. Saya berjalan kaki paling jauh hanya sepanjang jalan utara ke selatan jalan Malioboro. Meskipun kawan-kawan ada yang setiap hari sabtu sering lari keliling alun-alun tetapi saya belum pernah ikut. Saya juga pernah diajak kawan untuk ikut senam tetapi belum pernah ikut juga. Di halaman kecamatan dekat kantor, setiap hari tertentu ada kegiatan senam yang diikuti oleh ibu-ibu atau mbak-mbak di sekitar situ.

Rabu, 17 Mei 2017

And The Mountains Echoed

Judul: And The Mountains Echoed- Dan Gunung-gunung Pun Bergema
Penulis: Khaled Hosseini
Penerjemah: Berliani M Nugrahani
Penerbit: Qanita
Cetakan: Oktober 2013
Tebal: 516 Halaman

Selasa, 16 Mei 2017

Deru Gunung

Judul: Deru Gunung
Penulis: Yasunari Kawabata
Penerbit: Senja
Penerjemah: Nurul Hanafi
Cetakan: Pertama 2016
Tebal: 376 halaman

Rabu, 19 April 2017

Mr Sam

Ruangan itu cukup besar, saat masuk pertama kali ke tepat latihan ini aku merasa begitu kecil. Aku kecil di tengah aula besar penuh peralatan yang hanya sering kulihat di gambar-gambar. Lelaki tinggi besar itu berdiri berkacak pinggang, sesekali tangannya menunjuk sana menunjuk sini, berteriak dengan suara yang dalam dan berwibawa. Tulang pipinya kotak persegi, membingkai wajah keras, alis tebal tetapi matanya lembut. Mr Sam.

Jumat, 07 April 2017

Film PET dan Pupuk

Tentang Film Pet
Omong-omong soal nonton film, semenjak pemutar film saya rusak, saya jadi jarang sekali nonton film akhir-akhir ini. Karena sudah lebih berbulan-bulan bahkan tidak ada kabar, dan meskipun jaraknya tempat perbaikan dekat, saya sendiri males sekali untuk tanya. Oke, jadi intinya saya jadi jarang nonton film, kecuali kalau saya menyempatkan nonton di komputer orang atau warnet. Padahal selain membaca buku, film adalah kesenangan saya yang lain.

Kikyo

"Kamu kenal Kikyo?"

Dingin

"Baik sih"

Kamis, 06 April 2017

Fallen

Kisah malaikat yang jatuh ke bumi selalu menarik, apalagi jatuh di sebuah sekolah bagi anak-anak bermasalah.

Ingat Gembul

Setiap pulang ke rumah, pas buka pintu biasanya -dulu pas ada gembul- selalu rebutan dengan gembul. Biasanya buru-buru nutup pintu, cepet-cepetan sama gembul yang pengin lari keluar rumah. Gembul dulu suka makan rumput. Kini, pas buka pintu rumah masih suka buru-buru nutup pintu lagi, padahal kan gembul udah nggak ada.

Jumat, 10 Maret 2017

Murakami yang Berlari

Kapan itu ke perpus nemu buku Murakami yang What I Talk About When I Talk About Running. Buku Haruki Murakami sebelumnya yang saya pernah baca Dunia Kafka dan Norwegian Wood. Pernah mencoba membaca IQ 84 tetapi ternyata enggak selesai, bukunya tebal bener dan ada beberapa jilid. 

Rabu, 08 Maret 2017

Gembul

Februari habis tanpa tulisan yang semula saya rencanakan bisa terisi seperti bulan-bulan sebelumnya. Tetapi apa daya banyak hal yang terjadi, dan terlampau banyak yang dikerjakan. Dari pekerjaan sampai banyak hal lain di rumah, termasuk kucing saya yang sakit.

Kamis, 23 Februari 2017

Insiden Gobag Sodor

Perempuan itu membawa tali, diikatkan di atas pohon. Ada kursi kayu di dekatnya. Sekarang masih sibuk membuat simpul tali, yang anehnya dari setengah jam lalu kok nggak jadi-jadi. Keringat malah membanjir di dahinya. Mungkin dia dulu jarang ikut pramuka.

The Kite Runner

Judul: The Kite Runner
Penulis: Khaled Hosseini
Penerbit: Qanita
Penerjemah: Berliani M.Nugrahani
Tebal: 496 Halaman
Cetakan: Mei 2008

Senin, 20 Februari 2017

Cara Menyembuhkan Jerawat

Siapa bilang hanya anak muda yang lagi puber yang berjerawat. Nyatanya siapa saja bisa memiliki jerawat. Mau di muka, di punggung, di manapun. 

Selasa, 14 Februari 2017

Cala Ibi

Judul: Cala Ibi
Penulis: Nukila Amal
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: April 2015
Tebal: 277 Halaman

Selasa, 31 Januari 2017

To Kill A Mockingbird

Judul: To Kill A Mockingbird
Penulis: Harper Lee
Penerjemah: Femmy Syahrani
Penerbit: Qanita
Cetakan: November 2008
Tebal: 540 Halaman

Sabtu, 21 Januari 2017

Anjing Lagi-Lagi Anjing

Baru kemarin atau kemarinnya lagi, saya melewati sebuah jalan kampung. Saat itu kami sempat berhenti karena ada empat anjing kampung menghadang. Saya ulangi empat ekor. Sebenarnya sudah berkali-kali ketemu anjing di daerah situ karena banyak yang memelihara, seringnya ketemu satu atau dua ekor saja. Sedang kemarin empat ekor dan sikapnya tidak bersahabat alias menggeram mengancam. Biarpun diperingatkan si pemilik yang berjalan bersamanya saat itu, dua anjing yang besar masih saja ngeyel. Tuh, di depan pemiliknya saja gitu.

Rabu, 18 Januari 2017

Selasa, 17 Januari 2017

Ensiklopedi Yahudi Bergambar

Judul: Ensiklopedi Yahudi Bergambar- AlYuhudu Al Mausu'ah Al Mushawwarah
Penulis: Dr Thariq As Suwaidan
Penerjemah: Arif Munandar
Penerbit: ZamZam
Cetakan: Februari 2016
Tebal: 592 Halaman

Jumat, 13 Januari 2017

Parabel Cervantes dan Don Quixote

Judul: Parabel Cervantes dan Don Quixote
Penulis: Jorge Luis Borges
Penerbit: Gambang
Penerjemah: Lutfi Mardiansyah
Cetakan: Maret 2016
Tebal: 131 Halaman

Rabu, 11 Januari 2017

Dunia Cecilia

Judul: Dunia Cecilia
Penulis: Jostein Gaarder
Penerjemah: Andityas Prabantoro
Penerbit: Penerbit Mizan
Cetakan: Agustus 2016
Tebal: 209 Halaman


Senin, 09 Januari 2017

Rooftoppers

Judul: Rooftoppers- Para Penghuni Atap
Penulis: Katherine Rundell
Alih Bahasa: Ambhita Dhyaningrum
Penerbit: Metamind
Cetakan: Juni 2016
Tebal: 300 Halaman

Sabtu, 07 Januari 2017

Suara Tak Bisa Diredam

Sesungguhnya suara itu tak bisa diredam
Mulut bisa dibungkam - Sajak Suara, Nyanyian Akar Rumput

Biji-biji pilihanku sudah tumbuh
Kemerdekaanku adalah nasib hidupku
Jalan-jalan akan sepi sapa - Kepada Nasri dan Adikku yang Lain, Nyanyian Akar Rumput

Kalender Membaca 2017

Terinspirasi oleh posting bang Bara di blognya, saya ikutan mau bikin daftar buku yang rencananya mau dibaca selama tahun 2017.