Senin, 23 Februari 2015

CARA MEMBUAT SHORTCUT CANON MP NAVIGATOR EX 4.0

Printer dan scanner sudah menjadi perangkat yang dibutuhkan banyak orang. Baik itu untuk urusan kantor ataupun urusan pribadi.

Bermula dari instal ulang komputer, saya menemui kesulitan saat menjalankan scanner pada printer. Printer yang saya pakai Canon MP 285, untuk print juga bisa scan gambar. Biasanya saya hanya memakainya dan kawan saya sudah menginstal driver printer dan tetek bengek lainnya hingga tinggal memakainya saja. Kali ini saya kebingungan karena shortcut scanner belum ada. Mulailah saya bergerilya mencari informasi di internet. Hasilnya masih jauh dari yang saya harapkan, mungkin karena saya sendiri kurang faham dengan masalah seperti ini. Berbagai link yang ada hanya membawa saya pada cara instal drivernya saja. Entah yang saya cari masih belum saya dapatkan, yaitu memunculkan menu shortcut seperti yang biasanya saya lihat itu. Sebenarnya dari menu yang muncul setelah instal sudah bisa mengoperasikan scanner hanya saja saya mencari menu seperti  gambar di bawah.

Saya bertanya pada kawan saya dan katanya CD untuk instal sudah ada saat pembelian printer. Kemungkinan programnya belum diinstal karena masalah instal ulang kemarin. Ketika saya cari di file program belum ada file Canon disana. Masalah muncul ketika saya selesai instal CD tersebut, yaitu menu yang muncul di desktop ternyata tidak sama dengan yang saya lihat biasanya itu, seperti saya ceritakan di atas meskipun sudah bisa digunakan tetapi belum praktis.

CARA MEMBUAT SHORTCUT CANON MP NAVIGATOR EX 4.0
Ini yang saya maksud

Baiklah, saya mulai mengutak atik sendiri mencari caranya. Akhirnya saya coba satu - satu menu di file program saya munculkan di shortcut dan masih belum juga muncul seperti gambar di atas itu. Hingga saya menemukan juga file yang dimaksud, yaitu file di bawah ini.

CARA MEMBUAT SHORTCUT CANON MP NAVIGATOR EX 4.0
File yang saya lingkari
Jadi caranya mudah saja ternyata, temukan file Mpnex40 ( saya instal navigator versi 4.0) klik gambar di atas untuk memperjelas, kemudian buat shortcutnya dengan send to desktop. Bisa juga membuat shortcut dengan cara pada desktop klik kanan pilih new kemudian pilih shortcut kemudian cari file yang dimaksud, selesai. Maka pada desktop akan muncul shortcut seperti gambar di bawah ini dan jika diklik akan muncul menu gambar yang paling atas itu. 

CARA MEMBUAT SHORTCUT CANON MP NAVIGATOR EX 4.0
Shortcut scanner di desktop

Demikian cara membuat shortcut scanner atau printer pada Canon MP280 atau Canon MP285. Semoga bisa membantu bagi anda yang belum mengetahuinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun