Selasa, 22 Desember 2015

Untuk Kamu Anakku

Tidak ada sekolah untuk menjadi seorang ibu. Bagaimana menyuap bayi, bagaimana membuat bubur, bagaimana menyiapkan susu, berapa kali setiap harinya, bagaimana mengganti popok, bagaimana memandikan bayi dan lainnya. 

Kamis, 17 Desember 2015

Katakan Sayang

Katakan katakan kau sayang padaku
Katakan katakan kau hanya milikku

Buku: Overbite

Judul: Overbite-Terpikat
Penulis: Meg Cabot
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Alih bahasa: Nurkinanti Laraskusuma
Terbitan: 2015
Tebal: 344 halaman

Senin, 14 Desember 2015

Belajar Sengkalan

Pertama kali dengar kata "Sengkalan" saya juga belum ngerti, apa sih sengkalan itu?
Sengkala atau sengkalan adalah angka tahun yang disimbolkan dengan kata-kata, gambar atau benda.
(Sumber Wikipedia)

Kamis, 10 Desember 2015

Pemburuan Ashlyn dan Kisah Seorang Penyendiri

Flash Fiction, semula saya kurang paham apa itu FF atau Flash Fiction. Saya pertama kali baca FF ini di blog salah satu anggota FF. Dari situ saya tahu apa itu FF setelah membaca keterangannya di blognya Flash Fiction. Saya sendiri masih belum bisa menulis FF, masih terlalu sulit sebenarnya, tapi saya suka baca-baca FF mereka.

Rabu, 02 Desember 2015

Buku: Linguae

Judul: Linguae
Penulis: Seno Gumira Ajidarma
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: September 2007
Tebal: 130 halaman

Gara-gara Kunti Muda

Kisah ini terjadi beberapa hari yang lalu. Kakak saya yang menceritakan saat itu lewat pesan kalau dia lagi kena gatal-gatal dan bentol di tubuhnya. Bahkan mau pulang ke Yogya untuk cek alergi di lab, kebetulan juga beberapa waktu lalu salah satu kerabat kami ada yang meninggal dunia sekalian takziah.

Buku: Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis

Judul: Di tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis
Penulis: Paulo Coelho
Alih Bahasa: Rosi L Simamora
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbitan: Februari 2009
Tebal buku: 222 halaman

Cara Praktis Membuat Nasi Uduk

Saya sesekali suka ubek di dapur tetapi berulang kali saya sebutkan kalau saya bukan ahli memasak. Resep masakan yang saya pakai juga hasil saya googling di beberapa tempat atau tanya ke kakak saya, kemudian saya praktekkan sendiri. Itulah untungnya punya kakak perempuan yang pinter masak. Ada yang saya tambahkan atau saya kurangi sesuai selera. Termasuk masakan satu ini, nasi uduk. Meski baru pertama membuat nasi uduk, kata yang mencobanya sih lumayan untuk pemula he he.

Sabtu, 28 November 2015

Kayu Manis Keju dan Gula (2)

Kisah sebelumnya.
Dua potong besar pai apel tersaji di atas piring. Gadis kecil itu memakai sendok kecil untuk memotong pai, sedikit kering dibagian luar. Akhirnya dia mengambil potongan kecil pai itu dengan tangannya. Campuran gandum gula dan margarin terasa menyatu, ditambah irisan-irisan apel segar yang sedikit asam dan berbunyi 'kres' saat digigit. Sedikit campuran madu menambah pas rasa asam dan manis serta aroma cengkeh yang hangat di hidung. Adonan yang lembut pai dari dapur itu terasa lumer di mulutnya.

Jumat, 27 November 2015

Pohon Genitu

Ini tanaman Genitu yang saya biakkan dari biji yang saya ceritakan pada posting ini.

Kayu Manis Keju dan Gula (1)

Gadis kecil itu melangkah mendekati taman. Bunga mawar yang berwarna merah dan pink, dia memerhatikan tiap sudutnya. Kelopaknya yang segar, lembut jika disentuh, seperti kain satin yang halus dan sedikit basah. Ada selapis embun menutup bagian atasnya. Pandangannya beralih pada pohon besar di ujung taman. 

Rabu, 25 November 2015

Soal Hujan

Kata orang di bulan penuh hujan seperti ini
Air tercukupi, tanaman tumbuh dengan subur dan binatang hidup dengan baik

Jumat, 20 November 2015

Buku: Lelaki Gadis dan Kopi Campur Garam

Omong-omong soal buku yang berkesan, menginspirasi dan tentu saya menyukainya, saya punya beberapa buku. Diantaranya sebuah buku berjudul Lelaki, Gadis, dan Kopi Campur Garam. Buku ini karya mas Ara a.k.a mas Erick Namara, dengan tebal 288 halaman. Penerbit Citra Media Pustaka, cetakan I tahun 2013. Berisi 88 kisah inspiratif tentang hidup, cinta, maaf, kebahagiaan dan sebagainya. Buku ini saya dapatkan dari sini.

Rabu, 18 November 2015

Apa Itu Hidup

Sewaktu ditanya apakah yang paling membingungkan di dunia ini?
Beliau menjawab "Manusia" karena dia mengorbankan kesehatannya hanya demi uang
Lalu dia mengorbankan uangnya demi kesehatan
Lalu dia sangat khawatir dengan masa depannya
Sampai dia tidak menikmati masa kini
Akhirnya dia tidak hidup di masa depan atau masa kini
Dia hidup seakan-akan tidak akan mati
Lalu dia mati tanpa benar-benar menikmati apa itu "Hidup"
(Dalai Lama)

Ini sepotong tulisan yang saya temukan di status seseorang.

Status

"I don't know..how i feel."- Mb.N

Kisah Buku Bersampul Merah

Buku itu saya baca pertama kali bertahun-tahun lalu, kalau tak salah saat saya di bangku sekolah. Buku itu milik seorang guru ngaji di kampung saya. Bukunya tebal judul di sampul depannya sudah copot hanya tinggal sampul kedua yang masih menyisakan judul buku dalam kertas putih. Saya tidak begitu ingat bagaimana saya bisa meminjam pada guru ngaji yang usianya jauh lebih tua itu, dia itu mungkin seumuran bapak saya.

Kamis, 12 November 2015

Nam Nam

Ini pohon nam nam yang kuceritakan di sini. Saya juga sedang menyemai biji buah genitu yang sudah mulai tumbuh. Musim hujan sangat cocok untuk mulai bertanam.

Sahkan Hukum Kebiri di Indonesia

Pelanggaran hak anak termasuk dalam hal ini kasus kekerasan seksual anak dari tahun ke tahun terus meningkat. Lihat saja dari data di bawah ini. Dari tahun 2010 hingga 2013 saja jumlahnya terus meningkat mencapai ribuan kasus yang tercatat. Sekali lagi yang tercatat atau dilaporkan. Kasus yang dilaporkan itu mirip fenomena gunung es, kasus kekerasan pada anak termasuk kekerasan seksual yang tidak dilaporkan lebih banyak lagi. Dan malangnya, kasus itu membawa trauma seumur hidup bagi korban.

Rabu, 11 November 2015

Agrowisata Tanjungsari Wonosobo

Agrowisata Tanjungsari Wonosobo

Pesona kebun teh masih menyenangkan saya, tak terkecuali yang satu ini. Kebun teh yang satu ini saya temukan dengan tidak sengaja saat perjalanan ke rumah salah satu kerabat. Kebetulan pas lewat melihatnya dan sekalian mampir. Jadi tujuan semula saya bukan ke tempat ini. Memang di daerah Wonosobo banyak terdapat kebun teh dan tempat wisata lain yang bagus seperti Dieng dan lainnya. Waktu yang tidak memungkinkan dan jarak yang cukup jauh membuat saya tidak sempat mampir ke tempat yang lainnya.

Masalah Sampah di Sekitar Kita

Sampah dan pengelolaan tempat pembuangan sampah sering membuat pusing kepala. Sampah bukan hanya karena baunya yang mengganggu, tetapi juga tidak enak dipandang mata. Bukan hanya di Jakarta, di dekat rumah saya ada juga kasus sampah yang menjengkelkan.

Laut

Melompati sebuah saluran air lebar, tapi kakinya cukup gesit melompat, jatuh dengan kedua kaki yang tepat. Kemudian mulai merayap turun melewati dinding di samping bangunan. Dari teras ke teras dari tiap lantai, melewatinya dengan gampang seperti bermain-main saja, meloncat turun dengan sigap.

Kamis, 05 November 2015

Bortai dan Naihan

Lelaki itu serupa Temujin dari Burhan Haldun atau keturunannya Timur Lenk dari dekat Kesh. Penjinak kuda liar, yang akhirnya hilang di telan zaman. Setidaknya itu menurut istrinya, Bortai.

Adalah Naihan seorang lelaki bertubuh tinggi besar dan berambut hitam, hidup jauh di benua yang dingin bersama istrinya Bortai. Bortai terus membujuknya, dan terus merasa bersalah.

Rabu, 04 November 2015

Saguaro

Sesekali dia memperbaiki duduknya. Sebentar lagi dia mungkin tertidur, matanya cukup berat dan baris kalimat di layar ponsel sudah mulai mengabur. Sebuah pintu mungkin terbuka kembali tanpa sengaja, tapi apa boleh buat, ia tak dapat menahan kantuknya.

"Waktunya, waktu berjalan terus. Kami harus bekerja." Suara seseorang tak asing di telinga.
"Ini masih jam tujuh sore, apa yang salah dengan itu. Aku hanya butuh menyelesaikan beberapa halaman lagi, bahkan makan malamku belum tercerna benar," gumamnya kesal.

Selasa, 20 Oktober 2015

Tip Mudah di Dapur

Saya bukan ahli masalah di dapur tetapi saya juga sering berada di dapur. Selain membaca buku baru dan nonton film saya juga suka melepas stres di dapur. Saya bisa melampiaskan kekesalan saya, perasaan cinta atau kesedihan saya di dapur. Tapi benar, kalau lagi jenuh, kesal atau sedih kegiatan memotong, meramu bumbu, memilih bahan dan memasak adalah terapi paling hebat yang bisa saya dapatkan. Bisa jadi hasil masakan saya juga hasil emosi yang sedang saya buang, ah sudah lebaynya.

Cara Membersihkan Sisa Maskara

Lama sekali saya tidak menulis tentang tip atau cara melakukan sesuatu. Saya kali ini hanya memberikan tip ringan untuk membersihkan sisa make up, khususnya sisa maskara. 

Senin, 19 Oktober 2015

Menggambar

Seorang murid sedang menggambar di kertas. Dia sedang asik membuat bentuk-bentuk yang lucu khas anak-anak. Tiba-tiba datang seorang guru mendekatinya. Guru itu melihat apa yang dilakukan anak didiknya.

Negara Kaya yang Berlagak Miskin

Krisis listrik di Indonesia, itu mengherankan.

Negara Indonesia, negara yang terdiri dari banyak pulau, pantai yang begitu luas dan banyaknya. Hembusan angin yang tiada henti di tiap tepinya. Ini bisa kita manfaatkan sebagai pembangkit listrik juga, dengan angin yang banyak di sepanjang pantai, bagian mana yang kurang pantai di negara ini?

Deja Vu

Pernahkah kamu mengalami deja vu?

Deja vu adalah frasa Perancis yang artinya secara harafiah adalah pernah melihat atau pernah merasa maksudnya adalah mengalami suatu pengalaman yang dirasakan pernah dialami sebelumnya.
(sumber Wikipedia)

Jumat, 16 Oktober 2015

Kebiasaan Bermotor yang Aneh

Selama berkendara dengan motor di jalan, saya sering menjumpai banyak kebiasaan pengendara motor yang sedikit aneh di Yogya. Saya tidak tahu apakah di tempat lain seperti ini atau tidak. Berikut diantaranya:

Senin, 12 Oktober 2015

Buah-buahan Langka

Buah sebagai kebutuhan kita sehari-hari banyak kita jumpai di sekeliling kita. Tetapi kadang ada beberapa jenis buah yang belum pernah kita lihat atau bahkan mencicipinya. Beberapa diantara buah-buahan yang hanya di beberapa tempat tertentu bisa tumbuh dan berbuah. Apalagi jika buah yang saya maksud termasuk buah langka. Terkadang buah langka belum tentu seenak buah yang biasa kita jumpai di toko buah, tetapi karena sulit mendapatkannya jadi rasanya berbeda.

Buku: Kitchen


Dear California

Dear California,

Sabtu, 10 Oktober 2015

Membiasakan Diri

 "Kebanyakan orang berani hanya dalam bahaya dimana mereka telah membiasakan diri. Entah imajinasinya / prakteknya."

Jumat, 09 Oktober 2015

Asap

Alangkah sesaknya hidup di tengah asap. 

Dulu, di kampung saya jika tiba musim panen padi hal semacam itu selalu terjadi tetapi dalam skala kecil karena sawah dekat rumah juga tidak begitu luas. Dan biasanya musim tanam padi tidak berbarengan jadi tidak semua dibakar.

Tafsir Dukun dan Setan

Seseorang dibakar, disiksa hingga mati karena tafsir seorang dukun. 

Di Boyolali seseorang berinisial ES yang berumur baru 18 tahun, meninggal karena pengeroyokan dan pembakaran. Jadi korban yang meninggal ini dituduh mencuri sejumlah uang dan televisi milik salah seorang penganiaya, padahal korban masih kerabat dengan salah satu penganiaya.

Lelah


Aku dan Sesuatu

Aku rindu
Pada yang rela kurindu
Sayangnya, ya sayangnya

Sabtu, 03 Oktober 2015

Inside Out Film Untuk Semua Umur

Inside Out Film Untuk Semua Umur
Sumber Google

Film yang saya bahas kali ini lagi-lagi film animasi, yang menurut saya dan beberapa orang yang sudah menontonnya memang bagus. Memang film animasi selalu menarik bagi saya selain film sci-fi tentunya. Selain itu film ini bisa ditonton semua keluarga baik anak ataupun orang tua. Ceritanya juga sangat membantu saya sebagai orang tua untuk memahami bagaimana cara berpikir anak kita dan bagaimana emosi mereka berkembang. Kebetulan anak saya juga seumuran Riley.

Buku: Risara


  • Judul buku: Risara
  • Penulis: Risa Saraswati dan Sara Wijayanto
  • Penerbit: Rak Buku
  • Terbitan: Agustus 2015
  • Tebal buku: 162 hal

Rabu, 30 September 2015

Your Mind

Your mind is a powerful thing. When you fill it with positive thoughts, your life will start to change.
(akun twitter seseorang)



Pohon Ketapang

Tadi kawan saya tanya,"Tahu pohon ketapeng?" saya jawab kalau ketapeng saya belum pernah denger tapi kalau ketapang atau ketepeng saya tahu. Lalu saya tanya dia buat apa, katanya kawannya butuh buat obat. 

Berburu Piring Lucu

Perempuan dan barang indah, adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Barang indah bisa berupa perhiasan, tas, baju, kendaraan, bintang piaraan atau yang lainnya. Sebagian perempuan kecintaannya berubah menjadi hobi sekaligus tempat untuk relaksasi atau sekedar mencari hiburan hidup. Tak jarang bahkan bermanfaat untuk kelanjutan usaha atau menghasilkan uang.

Jumat, 25 September 2015

Lebih Hebat dari Gunung

Seorang anak kecil sedang mengumpulkan daun dan ranting pohon. Kawannya yang lain mengamati dan mendekatinya.
"Apa yang kau lakukan? Untuk apa daun dan sampah pepohonan itu?" tanyanya.
Anak yang sedang mengumpulkan daun menatap kawannya yang bertanya,"Ini untuk sesuatu."
"Sesuatu apa?" tanyanya lagi.
"Kau mau tidak aku kasih tahu sesuatu?" kata anak yang sibuk mengumpulkan daun-daun.
"Apa?"

Sabtu, 19 September 2015

Kinanthi



  • Judul Buku: Kinanthi-Terlahir Kembali
  • Karya: Tasaro G.K
  • Penerbit: Bentang
  • Tebal: 536 Halaman
  • Cetakan: Januari 2013

Buku berjudul Kinanthi: Terlahir Kembali ini dengan sampul bergambar dua orang di dua tempat berbeda. Si Pria berada di gunung dan yang perempuan diantara gedung tinggi, sebuah rembulan berwarna kuning dan bagian judul dengan warna latar merah.  

Selasa, 15 September 2015

Akun Twitter Saya Tutup

Saya sempat memiliki akun Twitter beberapa waktu lalu di @Amelsyk, sebenarnya fungsinya selain berteman dengan beberapa orang, lebih pada mendapatkan informasi. Selain tentunya untuk menambah pengetahuan dalam banyak hal. Ya follower saya juga nggak banyak hanya beberapa orang saja sih. Seingat saya, saya juga tidak menulis yang aneh-aneh, atau memaki-maki siapapun. Tetapi namanya banyak orang, kita tidak tahu yang mana yang baik dan jahat ke kita, apalagi kita nggak kenal.

Sabtu, 12 September 2015

Foto Kucing Teler


The Mediator: Haunted

The Mediator
  • Judul: The Mediator: Haunted
  • Penulis: Meggin Cabot
  • Alih bahasa: Monica Dwi Chresnayani
  • Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
  • Tebal: 248 halaman
  • Cetakan: April 2011
Suze sudah terbiasa berurusan dengan masalah, tapi kali ini dia benar-benar dalam masalah besar: Jesse si hantu tampan sudah merebut hatinya, tapi Paul Slater, cowok ganteng yang masih hidup dan bernapas, kelihatannya mengejar-ngejar Suze. Dan Paul adalah seorang mediator, sama seperti Suze, yang tahu bagaimana caranya mengirim Jesse ke alam lain. Untuk selamanya.

Kamis, 10 September 2015

Lomba Menulis JOPH 2015

Yuk ikutan lomba menulis JOPH 2015 dengan tema WayBackHome.

Di suatu titik, hidup kadang memberi kita dua pilihan. Menyerah dan terhanyut dalam arusnya, atau bangkit dan menemukan pijakan untuk kembali berjalan, menuju arah yang kita inginkan. 

Beberapa orang kembali menemukan pijakan dan arah hidup lewat perjalanan-perjalanan yang mendewasakan, ada pula yang menemukannya melalui hubungan yang hangat dengan orang terkasih dan sahabat dekat, tak jarang juga lewat rasa sakit, penderitaan, dan berbagai ujian yang sarat makna dan pelajaran kehidupan.

Nah Sobat JO, Jendela O' Publishing House kali ini menggelar lomba menulis novel dengan tema #WayBackHome, ingin mengangkat kisah-kisah "Self Discovery" seperti di atas. Karakteristik cerita yang dicari adalah yang menonjolkan perkembangan tokoh dalam menemukan kembali dirinya, passion, atau arah hidup. Cerita boleh dibalut genre romantis, drama keluarga, atau coming-of-age fiction dengan mengangkat perkembangan karakter dari sisi personal dan psikologisnya.

Untuk lebih jelasnya klik saja link di Jendela O'Publishing House di atas.
Demikian semoga bermanfaat.

Rabu, 09 September 2015

Cermin Keadilan

"Kadang-kadang, peraturan itu tidak mencerminkan keadilan..."
(Kata seseorang ketika ditanya)

Bunga Sawo

Jadilah bunga sawo.
Oh lihatlah dia, yang meskipun luruh, tak jadi buah dia tidak berhenti berbunga.
Mencoba dan mencoba lagi tak kenal lelah.

Jadilah bunga sawo.
Perhatikanlah dia, meskipun sebentar, dia abadi dalam sudut kamera.
Sebentar hadir dan memiliki arti.

Jadilah daun sawo.
Tengoklah sebentar dia.
Meskipun kau tak peduli, dia memberimu udara.

Fokus

Fokus.
Itu kata yang paling penting.
Setelah itu, selesaikan satu tulisan kemudian beralih ke tulisan lain.

Selasa, 08 September 2015

Kebun Buah Mangunan


Libur kemarin saya jalan-jalan ke kebun buah Mangunan. Berbekal informasi yang saya peroleh dari sebuah blog, saya menuju ke sana. Saya tertarik ke sana karena beberapa kali melihat foto tempat itu yang begitu indah dan hijau. Tetapi, di blog itu juga dijelaskan kalau perbukitan di sekitar kebun buah Mangunan akan terlihat hijau dan bagus saat musim penghujan. Dan saat ini musim kemarau panjang, tetapi saya pengin ke sana. Jadilah kami mengunjungi tempat itu kemarin.

Tidak Ada Orang

"Mana orangnya yang ngomong gitu? Sini tak pukulnya." kata seseorang dengan emosi.
"Hus..sudah diem, gak ada orang di sini." jawab kawannya.
(Percakapan dua orang di sebuah pos)

Senin, 31 Agustus 2015

Buku: Dunia Kafka


Buku Haruki Murakami berjudul "Dunia kafka" ini buku pertama Murakami yang saya baca. Saat itu saya juga melihat buku karangan Murakami yang lain "IQ 84" tetapi karena lumayan tebal saya mengambil yang ini saja. Saya penasaran dengan tulisan Murakami karena pernah membaca penulis dari negeri itu sebelumnya. Dari beberapa tulisan kawan yang sudah membaca juga membuat saya makin penasaran seperti apa. 

Buku: Hoegeng

Buku berjudul "Hoegeng, Oase di tengah keringnya penegakan hukum di Indonesia" ini kami beli beberapa waktu lalu. Sudah sejak lama suami saya mencari-cari buku ini dan baru dapat kemarin itu. Setiap ke pameran buku selalu saja yang dicari adalah buku tentang bapak ini. Kapan itu di Gramedia akhirnya dia melihat dan langsung membelinya. Sebenarnya ada satu buku lagi yang diinginkannya saat ini, buku barunya Andy F. Noya yang "Kisah Hidupku" itu.

Sabtu, 29 Agustus 2015

Pohon Sawo

Pohon Sawo Mulai Berbunga

Menanam pohon termasuk satu dari kesekian hal yang membuat saya senang. Selain menyejukkan rumah dan pekarangan, jika pohon yang kita tanam pohon buah tentu saja menghasilkan buah yang bisa kita nikmati.

Jumat, 21 Agustus 2015

Cerita dari Pulau Karang

Menonton drama saja belum cukup. Dia mulai menginginkan drama yang sesungguhnya. Kemudian dia membuat skenario untuk sebuah drama sesungguhnya. Lampu sorot telah siap, para penikmat drama telah berdiri memasang mata dan telinga. Para pengabar berita telah siap dengan catatan dan kamera.

"Siapa tokoh utamanya?" tanya seorang lelaki sambil menggosok kupingnya.
"Yang berpakaian paling indah, berparas paling menawan dan bersuara paling lembut,"ujar kawannya.
"Aku lebih memilih yang paling kurus, paling dekil, paling melarat dan bersuara paling kasar diantaranya," katanya kemudian.
"Kita letakkan dimana tokoh ini? kau siapkan setiap kalimat sebaik mungkin bukan?"
"Rumah terburuk dari kayu hutan beratap jalinan daun kelapa, yang di beberapa sudutnya dihinggapi kelelawar."

Merdeka

Merdeka itu,
Lari pagi-pagi padahal belum mandi di sepanjang pantai.

Merdeka itu,
Bangun pagi di hari Minggu, habis subuh terus tidur lagi.

Merdeka itu,
Bebas ngapain aja gak ada yang ngelarang.

Merdeka itu,
Bebas makan apapun minum apapun tanpa takut sakit.

Merdeka itu,
Bebas nulis apapun tanpa takut.

Kenapa sih

Aku ini kenapa sih, kok nilai-nilai orang seperti itu.
Memang sudah sehebat apa aku?
Tuh kan, salah tebak kan?
Meok!

Selasa, 18 Agustus 2015

Sampan Tak Bertuan

Sampan Tak Bertuan
Alhamdulillah, cerpen yang kemarin saya kirim menjadi salah satu dari beberapa cerpen yang terbit dalam buku kumpulan cerpen yang bertema Laut berjudul "Sampan Tak Bertuan" dalam rangka memperingati hari Laut yang diadakan oleh penerbit Vio Publisher.

Penulis kumcer dalam buku "Sampan Tak Bertuan" antara lain Gee Sandirja, Ahman Sarman, Keisha Garnadia, Ratu Tresna N.G, Ardilo Indragita dan lainnya.
Masa PRE ORDER pertama dibuka mulai tanggal 17 Agustus-25 Agustus 2015. Untuk Lebih lengkapnya baca di sini.

Demikian semoga bermanfaat.

Kamis, 13 Agustus 2015

Seberapa Kejamkah Manusia

Sekarang masih hangat masalah daging sapi. Saya kemarin membaca berita soal betapa kejamnya perlakuan pegawai sebuah peternakan ayam di luar negeri. Bagaimana cara peternakan itu bisa dibilang kejam? 

Telur ayam yang menetas menjadi anak ayam jantan dan betina. Masing-masing dipisahkan, yang jantan karena tidak laku maka dipisahkan dari ayam betina. Ayam jantan tidak dibiarkan hidup. Telur ditetaskan kemudian dengan kuasa Tuhan jika beruntung dia betina dan tidak beruntung jika dia jantan. Ayam jantan dipisahkan dari betina dan masuk mesin penjagalan dengan pisau tajam. Ayam itu kemudian dikumpulkan dalam satu kantong plastik besar dan digencet hingga mati, kemudian dimasukkan mesin penggiling daging begitu saja. Entah untuk apalagi hasil gilingan anak-anak ayam malang itu selanjutnya.

Aksi Cabut Paku di Pohon

Gambar dari akun twiter JogjaUPDATE
Aksi di sekitar jalan Bantul pada 17 Agustus 2015 jam 10.00 wib. HTM dan snack gratis, membawa alat sendiri. Kumpul di sekre IMABA Jalan Marsda Adisucipto No 12 Bantul Yogyakarta.

Informasi dan gambar dari akun twitter JogjaUPDATE. Saya ikut menyebarkan informasi yang baik ini semoga bermanfaat sobat.

Rabu, 12 Agustus 2015

Cara Mudah Memilih Wortel

Wortel termasuk bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Wortel kaya vitamin yang baik untuk mata. Aktifitas membaca akan membuat mata kita mudah lelah, ada baiknya banyak-banyak mengkonsumsi wortel. Bisa dibuat jus wortel atau diolah menjadi masakan lain.

Bagi ibu-ibu, tentu memilih wortel perkara mudah saja. Cara ini semoga membantu bagi mereka yang belum mengetahui saja misalnya anak-anak yang terpaksa berbelanja wortel.

Manfaat Lupa

Pelupa membuat orang kesulitan dalam belajar dan beberapa hal lainnya. Tetapi lupa juga memiliki manfaat, karena yang diciptakan Tuhan tidak ada yang tidak bermanfaat.

Seseorang yang memiliki ingatan kuat mungkin mampu mengingat setiap detil kehidupan yang dia alami. Sedangkan orang dengan kemampuan mengingat biasa hanya akan mengingat beberapa peristiwa penting saja dalam hidupnya. Apakah itu peristiwa yang baik atau buruk. Terutama jika itu menyangkut peristiwa masa lalu. Sialnya, orang dengan ingatan kuat itu akan terus tersiksa karena ingatannya tentang peristiwa di masa lalu.

Kamis, 06 Agustus 2015

Blogger KPK Pak Zachflazz

Pak Zachroni Sampurno atau biasa di panggil pak Zach mulai beberapa waktu lalu telah menutup blog beliau "Zachflazz". Sebagai sesepuh blogger KPK tentu saja kawan-kawan banyak yang merasa kehilangan termasuk saya. Pak Zach sering mampir di kolom komentar kawan-kawan termasuk di blog saya, bahkan dulunya saya memasang blog pak Zach di blogroll blog saya. Saya pertama kali mengetahui berita itu saat membaca komentar di posting mas Rudy Arra dan twit pak Asep kemudian beberapa blog kawan turut memposting berita itu. Dan benar saja saat saya mencari blog pak Zach sudah tidak ada.

Burung Sawah

Sejak kecil saya hidup di kampung yang masih dikelilingi sawah yang luas menghijau, sungai dengan air jernih mengalir dan langit biru di sepanjang pantai. Debur ombak laut selatan selalu terdengar setiap pagi dari kamar saya, bahkan jika malam tiba juga sesekali terdengar. Sesuatu yang sulit saya temui saat ini. Sebenarnya debur ombak laut selatan selalu terjadi baik siang, pagi atau malam tetapi suasana hening di malam atau pagi hari membuat suara itu hanya sampai ke telinga saat pagi dan malam hari. 

Selasa, 04 Agustus 2015

Wisata Pantai dan Cemara Udang

Buah Cemara Udang

Liburan Lebaran kemarin saya sempat mampir ke Pantai Glagah di Kulon Progo. Sambil selonjoran di dekat laguna menunggui anak saya yang naik perahu (membayar sekitar Rp 5.000 saja bisa keliling laguna) saya sempat jepret sana sini termasuk menemukan buah dari pohon cemara udang. Saya kira semula itu bunga karena bijinya saya cari-cari tidak ada. Cuaca sejuk di pinggir laguna yang banyak pohon cemara udang ditambah angin laut yang berhembus sepoi-sepoi sukses membuat saya ngantuk.

Pilar

Dan berdiri bersama jangan terlalu dekat
Karena pilar kuil berdiri terpisah
(Kahlil Gibran)

Roti Bakar

Roti Bakar
Roti Bakar

Saya suka cemilan basah yang cenderung manis, sesekali saya bosan dengan jajanan dari luar dan saya ingin membuatnya sendiri.

Gembul dan Petshop

Gembul dan Petshop
Gembul

Gembul kucing saya selama libur panjang kemarin saya titipkan di petshop. Pulang-pulang dari petshop suaranya hampir hilang. Dia bersuara tetapi serak dan aneh seperti orang sakit tenggorokan itu. Beberapa hari kemudian suaranya bahkan hilang. Bukan itu saja badannya terlihat sangat lemah.

Selasa, 28 Juli 2015

Bunga Anggrek yang Awet

Bunga Anggrek yang Awet

Seperti bulan Puasa tahun sebelumnya, anggrek saya di depan rumah kembali berbunga. Jika tahun sebelumnya hanya saya biarkan begitu saja dan di petik orang, kali ini saya yang menyimpannya sendiri. Saya melihat kalau di pohon ternyata bunga anggrek mungkin karena faktor cuaca atau apa menjadi lebih mudah layu. 

Rahasia Jodoh

Aku tidak pernah tahu bahwa negara dengan luas kurang lebih 298 kilometer persegi ini adalah negara Muslim terkecil di dunia.* Negara dengan keindahan setara Bora-Bora dan Bali ini juga merupakan tujuan wisata yang terindah sekaligus mahal. Semoga keindahan ini bertahan sedikit lebih lama sesampainya di Jakarta nanti.

Ayyul Khidmah?,”[1]  suara seorang lelaki ramah menyapaku. Seorang lelaki muda dengan kemeja putih, beralis tebal, berkulit bersih dan rambut lebat yang hitam legam. Mataku segera beralih ke kamera.
Mungkin kerudungku yang membuatnya berpikir aku anak pengusaha minyak dari Arab yang kebetulan berlibur di Maldives. Kuhabiskan mengunyah Masroshi[2]  di mulutku.
Laa, syukron,”[3]  jawabku sambil menggeleng dan beranjak mendekati pantai.
Min aina anta qaadim?,”[4]  kukira dia sudah menebak dengan bicara begini.
“Indonesia, anta?,”[5] Dia tampak kaget dan kemudian kudengar dia tertawa, kulihat dia berjalan mengikutiku.
“Ah rupanya orang Indonesia, aku juga dari Indonesia, Jakarta,” katanya sambil mengulurkan tangan.
“Arkan Wirya,” ucapnya memperkenalkan diri.
”Qaila Zahidah.”

Kamis, 23 Juli 2015

Terdiam

Terdiam itulah ekspresi saya sewaktu pertama kali membaca berita itu. Aku ingat benar beberapa waktu yang lalu aku masih berapi-api semacam itu. Ada rasa malu yang menyusup di hati, betapa bodohnya saat itu. Begitu mudahnya api itu menyulut bara emosi di dada dan membakar siapa saja. Ya aku pernah dalam posisi itu. Emosi sesaat yang membutakan akal kita. 

Apalagi setelahnya beberapa status di beberapa sosmed sudah ramai dan berbagai reaksi yang muncul. Yang kulakukan hanya diam dan merenung, apakah dengan sebuah lemparan batu dibalas dengan lemparan batu yang sama akan membuat segalanya lebih baik? aku bisa membayangkan yang terjadi selanjutnya adalah di lain tempat aksi lempar-lemparan batu juga terjadi. Jika kau tak suka dengan yang aksi mereka tentu kau tak mau melakukan hal yang sama pada mereka. Jika kau tak suka seseorang berteriak padamu maka jangan berteriak pada orang lain juga.

Menulis Wasiat

Jika kau punya cukup harta benda atau apapun yang hendak kau tinggalkan dan jika kau punya lebih dari satu anak sebagai ahli warismu atau lebih dari satu suami atau istri yang hendak kau tinggalkan maka tuliskanlah wasiatmu dengan sejelas-jelasnya.

Kukira itulah pelajaran penting. Berapa banyak keluarga tercerai berai gara-gara soal warisan. Berapa banyak keluarga saling benci bahkan tega menyakiti gara-gara sebuah warisan. 

Rabu, 22 Juli 2015

Mengenal Kembali

Gembul, kucing saya yang berwajah jutek selama lebaran kemarin saya titipkan di petshop. Setelah beberapa hari tidak di rumah dia bertingkah aneh seakan-akan asing dengan rumah kami. Sesi pengenalan kembali Gembul ke rumah pun dimulai. Dia mulai mengendus ke setiap sudut rumah. Dari mulai tempat pub hingga tempat biasanya dia makan dan ke setiap kamar. Rupanya dia sedikit lupa dengan rumahnya.

Saya juga kasihan karena tentu saja selama di penitipan dia dikurung dalam kandang terus menerus. Sedangkan biasanya Gembul kami lepas begitu saja tak pernah kami kurung dalam kandang. Setelah sekian waktu dia tidak bertingkah aneh lagi dan mulai tenang duduk dan menjilati bulunya. Semula dia juga tidak bereaksi saat kami panggil, tetapi setelah beberapa saat dia mulai menjawab dengan eongan ketika kami panggil dan menatap yang memanggilnya. Kemudian kami merasa dia sudah tenang lagi saat dia mulai tidur berselonjor dengan kedua kaki depan ke arah depan dan dua kaki belakang lurus ke arah belakang mirip keset kalau saya pikir hehe. Gembul sudah merasa nyaman kembali di rumah.

Rabu, 08 Juli 2015

Lelaki Pucat dan Nona Muda

Sebuah piring putih polos dan sebuah garpu. Di atasnya beberapa potong buncis, brokoli dan wortel, sedikit sawi dan kacang polong, serta beberapa potong udang rebus kemerahan. Sedikit bawang putih yang ditumis dalam olive oil
"Apa ini?" ia mendengus keras dan wajahnya berubah merah.
"Ini makan siangmu sekarang," ucap seorang perempuan muda yang di panggil nona muda oleh beberapa pelayan. Rambutnya hitam legam dengan alis tebal dan sepasang mata tajam.
"Mulai kapan aku menelan makanan seperti ini, mana pelayan kemarin!" dia berdiri menggebrak meja dan pelayan lain berlarian mencari perempuan yang dia maksud hingga ke dapur bahkan ke taman dan ke halaman. Piring dilemparkan dan garpu dihempaskan, kursi lain terbang menghantam dinding ruangan, semua berlarian. Kecuali nona muda yang masih terpaku di kursinya, tapi matanya setenang aliran sungai Gangga.

Selasa, 07 Juli 2015

Salju

Sebuah tempat lapang yang luas, udara terasa begitu dingin menusuk kulit. Ada sesuatu berjatuhan dari langit, sesuatu yang lembut berupa butiran halus dan dingin. Ini salju yang turun pelan dari langit.

Ada binatang yang tampak mengintip dari gundukan berwarna putih, dia berjingkat kesana kemari dengan lucu. Aku mendekat dan mengejarnya. Dia berlari masuk ke pagar tinggi sebuah rumah. Aku melihatnya bermain di sana, aku mengurungkan niatku menangkapnya.

Gadis Kecil Pemberani

"...Gadis-gadis sebelum kamu punya masalah yang sama, tapi sayangnya mereka tidak berani bicara. Kami akan melakukan apapun demi melindungimu. Dan kami tak akan membiarkanmu dikembalikan kepada suamimu, tak akan pernah. Janji." kata Abdel Wahed pada Nujood Ali.

Usianya baru sepuluh tahun, saya ulangi sepuluh tahun, dan sudah menjadi janda. Dialah Nujood Ali dari Yaman. Kisahnya mungkin sudah terjadi tahun 2008 lalu dan parlemen Yaman telah meloloskan undang-undang baru yang menaikkan usia akhil balig yang legal menjadi tujuh belas tahun baik bagi laki-laki atau perempuan. Semua bermula dari gadis kecil Nujood Ali yang pemberani mengajukan perceraian di pengadilan seorang diri. Perceraian dengan lelaki yang usianya tiga kali lipat usianya.

Sabtu, 04 Juli 2015

Puasa dan Hadiah

Ramadhan ini umat muslim sedang menjalankan puasa, tak terkecuali anda tentunya. Dan yang berbeda di keluarga saya adalah anak saya. Bila tahun kemarin dia masih puasa setengah hari, bulan ini alhamdulillah sudah puasa full. Semoga sampai bulan puasa berakhir masih terus puasanya.

Ayahnya menjanjikan jika nanti puasanya full akan diberi hadiah. Layaknya anak lainnya, anak saya senang dan bersemangat puasa. Sebenarnya saya sendiri masih khawatir dengan anak saya, karena saya pikir dia masih terlalu kecil. Sebenarnya kata kawan saya tak apa kalau itu keinginan anaknya sendiri. Ya memang ada orang tua yang dari kecil anaknya sudah dibiasakan puasa sehari penuh tetapi ada juga yang cuek dengan anaknya puasa atau tidak. Saya masih kasihan saja toh juga masih anak-anak itu tadi.

Menebar Kebaikan

Kebaikan yang mampu menolak kejahatan.

"Oh dari Indonesia.." salah satu perampok menggumam. Mereka mengembalikan uang JJ dan pergi.
Perampok itu sering mendengar Indonesia membantu negara-negara di Asia yang menderita karena perang.

Apalah

"The closer you look, the less you'll see."
"The more you think you see, the easier it'll be to fool you."

Selasa, 30 Juni 2015

Besar Kecil

Jika anda masih mempermasalahkan ukuran maka ketahuilah makhluk terbesar di bumi ini telah punah lebih dulu. Dinosaurus. Semakin hari makhluk yang lebih besar semakin sedikit atau bahkan punah. Paus, gajah dan lainnya yang terus berkurang oleh makhluk yang lebih kecil yaitu manusia. Yang bertahan dan bahkan berevolusi justru maklhuk yang lebih kecil. Sangat kecil semisal beruang air/ Tardigrada, Weta dan lainnya. Dan manusia kalah oleh makhluk yang lebih kecil yaitu virus.

Jumat, 26 Juni 2015

Jangan Pergi, Aku Tak Takut

Sebuah jaket berwarna oranye terang, topi rajut warna hijau neon dan sepatu kets warna putih. Disisirnya rambut keriting sebahu berwarna cokelat terang dan diikat asal, ditutup dengan topi wool hijau neonnya.

Dia berjalan mendekat ke meja menuangkan susu dingin dari kulkas. Diambilnya sebutir lemon segar dari kulkas dibawa ke meja dan mengambil sebuah pisau. Dibelahnya lemon jadi dua dan kemudian dia peras ke dalam susu dinginnya.

Kemudian dia meminum pelan susu itu setelah diaduk. Sesekali dia merapikan rambutnya yang menjulur ke wajah. Sekilas dia nampak seperti permen besar dalam warna-warna terang yang biasa dimasukkan toples kaca bening.

Rabu, 24 Juni 2015

Sinopsis Film (2)

Transcendence
Film yang idenya menggabungkan manusia dan mesin. Dr.Will dengan semua percobaan di laboratoriumnya. Ajaibnya Dr.Will yang mati di film ini bisa masuk dan masih bisa berkomunikasi lewat komputer semacam AI. Selanjutnya justru memiliki pengetahuan dan kemampuan yang luar biasa yang sedikit menakutkan. Seperti mengobati orang sakit dan membuat hal-hal amazing lainnya. Karena hal ini pula Dr.Will yang bisa membentuk tubuhnya hidup lagi justru hendak dimusnahkan. Akhirnya kekasihnya Evelyn menyadarkan Will, dan mereka mati berdua. People fear what they don’t understanditu kata kata Dr.Will yang bagus. Dr Will diperankan Johnny Depp.

Selasa, 23 Juni 2015

Sinopsis Film (1)

The Hobbit Desolation of Smaug
Perjalanan Gandalf dan Hobbit Bilbo Baggin para kaum Dwarf dari Erebor di pimpin Thorin mencari batu Arkenstone yang dijaga oleh naga api dari Middle Earth di sebuah gunung berisi  emas. Batu itu satu-satunya cara agar Thorin bisa kembali memimpin di Erebor kampung halamannya yang sudah lama dia tinggalkan. Bagaimana dalam perjalanan mereka menghadapi laba-laba raksasa dan diselamatkan bangsa Elf. Hubungan elf wanita Tauriel, Elf Legolas dengan hobbit  Killi. Tauriel mengobati Kili yang terluka oleh racun panah Orc. Gandalf bertemu penyihir hutan Radagast. Bilbo dan kawan-kawan berhasil mendapatkan arkenstone tetapi sang naga justru berhasil lolos dan terbang ke arah perkampungan di dekatnya.

Thor The Dark World
Dark elf dipimpin Malekith yang mencari zat bernama Aether yang bisa digunakan untuk menyatukan Sembilan dunia pada saat berjajar dalam satu garis yang dibawa oleh Asgard. Jane foster di dunia menyelidiki fenomena aneh tentang penyatuan dunia yang mengantarkan dirinya bertemu Aether yang kemudian masuk ketubuhnya. Kemudian Thor pun muncul kembali. Thor membawa Jane ke Asgard karena Aether ini berbahaya. Disaat Loki masih dipenjara oleh Odin ayahnya terjadi serangan Malekith ke Asgard. Ratu Asgard ibu Thor dan Loki akhirnya terbunuh demi melindungi Jane Foster. Loki menolong Thor untuk melawan Malekith. Aether kembali ke tubuh Malekith, Jane dan Thor kembali ke Bumi untuk melindunginya dari serangan Malekith. Malekith bisa dikalahkan dan Thor kembali ke Asgard. Dia bertemu ayahnya yang dan mengatakan tidak sanggup menjadi raja Asgard padahal wujud Odin itu hanya tipu daya Loki.

Senin, 22 Juni 2015

Sinopsis Tinker Bell and The Legend of The NeverBeast

Fawn

Nyx pemimpin peri pengintai yang  menjaga keamanan Pixie Hollow melaporkan Fawn peri hewan yang memelihara anak burung Elang pada Ratu Clarion. Fawn ketahuan kawan-kawannya yang lain setelah dia dan Tink hendak memindahkan anak burung ke hutan. Kemudian suara anak burung elang itu mengundang elang dewasa lain datang dan membuat kericuhan di Pixie Hollow.

Kau dan Pantai

Sore itu, kulihat sendu wajahmu berdiri mematung sendirian di sana. Entah apakah yang sedang berkecamuk dalam hatimu, aku bahkan tidak bisa menebaknya. Seminggu yang lalu kamu pun berdiri di tempat itu, masih dengan wajah bermendung. Berdiri mematung membelakangi deretan pohon cemara udang.

Malam itu, aku menatap kau terbaring sendirian. Sesekali kau menarik nafas panjang, seakan memikirkan sesuatu. Beberapa saat lalu kau hanya mengetik beberapa paragraf di komputermu. Mungkin masalah itu yang mengganggumu.

Yang Pertama

"Bacalah..."

Itu kata pertama dari sebuah surat yang pertama kali turun pada Nabi Muhammad Saw. Jangan lupa perintah yang pertama kali turun ini, banyak-banyaklah membaca.


Sebuah Buku (4)

Cerita sebelumnya.

Kakiku menginjak bibir lantai beton, ada rasa ngilu merayapi tubuh menjalar dari ujung kaki hingga ke kepala. Jantungku berdegub tak beraturan, merasa tak sanggup melanjutkan langkahku. Sedikit melangkah ke depan tubuhku akan melayang ke bawah, entah ada sayap atau tidak.

Selasa, 16 Juni 2015

Sebuah Buku (3)

Cerita sebelumnya.

Setelah Ucil berpamitan ke bapaknya dan bapaknya melihatku dengan tatapan yang tak bisa kuartikan apa. Mungkin sedikit curiga, kedua alisnya tampak menyudut berkerut.

"Ucil pergi pak," Ucil berjalan ke arah motorku.
Kami melewati jalan aspal yang ada lubang-lubangnya, melewati sawah yang setengah kering setengah lagi ditanami padi. Hingga kami ke kawasan perbukitan berhawa dingin dan pohon yang lembab seperti habis disiram.
"Kita mau kemana bang?" suara Ucil di belakang.
"Lihat saja nanti." 

Malam Kemuliaan

Sebentar lagi bulan suci Ramadhan. Satu-satunya hal indah yang selalu ditunggu semua umat muslim di dunia. Malam kemuliaan, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Saat hening menyelimuti alam.

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.
(Al-Qadr)

Semoga kita umat muslim bisa menjalankan sebaik-baiknya ibadah bulan Ramadhan kali ini dan mendapatkan kesempatan bertemu malam seribu bulan. 

Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan bagi yang menjalankan.


Senin, 15 Juni 2015

Sebuah Buku (2)

Baca cerita sebelumnya.

Sudah lama anak itu tidak muncul di sana lagi. Apa dia sakit? 
Aku berulang kali melihatnya memacu sepedanya ke sekolah kalau pagi tetapi tidak kutemukan dia kembali di siangnya. Atau dia mungkin pulang ketika larut malam.
Kututup pintu kamarku dan kembali melanjutkan pekerjaanku yang sempat terhenti.
Tiba-tiba pintu terdengar di ketuk seseorang. 
"Maaf pak, apa bapak melihat anak saya?" tanya seorang lelaki setengah baya dengan tampang semrawut.
"Anak bapak? yang mana ya?"
"Itu si Ucil yang suka main di depan situ" katanya menunjuk tanah lapang yang rumputnya sudah jarang-jarang. Jarang di siram hujan dan sering di injak kaki anak-anak.
"Saya lihat beberapa hari ini jarang ada anak main bola di situ pak" jawabku cepat.
Lelaki itu mengangguk-angguk lalu berpamitan dan berlalu pergi dengan langkah kaki setengah di seret.

Sinopsis Film The Duff 2015

Sinopsis 

Berkisah tentang Jess Harris si cantik calon perancang busana, Casey Cordero si cantik jago computer dan olah raga serta Bianca Paper murid teladan penggemar film horor. Madison Morgan cewek tenar terseksi dan jahat di sekolah. Cowok keren Wesley Rush teman masa kecil dan tetangga Bianca. Bianca naksir Toby Tucker cowok pemain musik berambut aduhai di sekolahnya. Dan Bianca belum pernah berbincang dengannya.

Hingga di suatu pesta di rumah Madison, Bianca bertemu Wesley yang menyebut Bianca dengan istilah  'DUFF' ( Designated Ugly Fat Friend). Duff artinya kurang lebih orang yang hanya sebagai pelengkap, hanya pemberi informasi, dan tampak paling tidak menarik diantara kelompoknya meskipun bagi saya Bianca lumayan cantik dan tidak begitu gemuk. Bianca yang tampak paling tidak menarik daripada kedua kawannya Jess dan Casey yang cantik dan tenar diantara cowok di sekolahnya, dan Bianca hanya peran tambahan yang terlupakan. Tentu saja Bianca merasa terhina dengan istilah yang diberikan Wesley itu, meskipun Wesley menjelaskan bahwa di setiap kelompok pasti ada Duffnya. Dari sini sikap Bianca mulai berubah pada dua sahabatnya yang cantik, karena Bianca merasa benar apa yang dikatakan Wesley. Puncaknya persahabatan mereka retak, dan Bianca mulai menjauh dan jengkel dengan kedua temannya yang lebih seksi dan populer.

Sepotong Kisah

"Kenapa itu kakimu?"
Salah satu jari kakinya berdarah, ada sedikit kulit yang terkelupas meninggalkan sebuah luka yang memerah dan mengeluarkan darah.
"Tadi jatuh mbak" jawab anak-anak yang lain.
"Gak papa mbak" jawabnya tak mau lebih menunjukkan kakinya padaku.
"Lihat" kataku sambil menarik kakinya.
"Ada yang punya obat merah?" tanyaku pada teman-temannya yang berkerumun ikut mengamati.
"Ada mbak" seorang anak laki-laki dengan kaus putih bergambar bebek lari menjauh tanpa diperintah. Beberapa menit kemudian muncul dengan sebotol obat merah di tangannya.
Aku mengambil kapas dan membersihkan lukanya.
"Gak papa mbak nanti juga sembuh" ucapnya lagi sambil meringis menahan perih.
Aku menatapnya tanpa mengatakan sesuatu, kemudian memberi obat merah pada lukanya.
"Dah, makanya kalau naik sepeda hati-hati" kataku sambil melangkah menjauh.

Jumat, 12 Juni 2015

Sebuah Buku

"Kamu ngapain?" tanyaku.
Anak lelaki di depanku sedang membuat lubang di tanah, di tangannya ada beberapa potong kunyit.
"Ini, menanam ini" anak itu menunjuk ke kunyit di tangannya.
"Untuk apa?" tanyaku lagi.
Dia menatapku sebentar, beralih lagi ke tanah di depannya, dia mulai memasukkan kunyit itu ke dalam lubang dan menutupnya lagi dengan tanah.
"Aku menanamnya saja" jawabnya setelah selesai.

Belajar Mencintai

"Memelihara binatang adalah cara belajar mencintai dengan tulus. Tidak berharap akan dibalas dengan apapun, dan tidak mendapatkan apapun. Hanya mencintai."

Kehidupan

"Jangan biarkan kehidupan yang membentuk kita, tapi kita yang membentuk kehidupan"-Deon Wilson dalam Film Chappie.

Kamis, 11 Juni 2015

Menolong Diri Sendiri

Dirimu sendiri adalah penolong yang terbaik.

Salah satu penggalan cerita dari film Harry Potter and Prisoner of Azkaban yang pernah saya ingat adalah saat Potter dan kawan-kawannya kembali ke masa lalu. Kekuatan Time Turner yang dimiliki Hermoine mampu membawa mereka kembali ke masa lalu. Mereka melakukan banyak penyelamatan dengan Time Turner yang berbentuk jam yang dimiliki Hermione. Adegan yang menurut saya paling bagus, saat Potter dan Sirius di serang Dementor. Mereka bertiga menatap adegan itu sementara Potter dan Sirius hampir mati di serang Dementor. Dan yang mereka lakukan hanya bersembunyi sambil berharap ada seseorang yang akan datang menyelamatkan dirinya dan Sirius. Potter percaya ada seorang penolong yang akan datang karena yang terjadi demikian. Bahkan saat itu berwujud Patronus seekor rusa putih. Hingga pada titik dia sadar sang penolong yang ditunggu tak kunjung menampakkan batang hidungnya. Akhirnya, Potter yang sedang kembali ke masa lalu keluar dan membentuk Patronus paling kuat demi menyelamatkan dirinya sendiri di masa lalu dan Sirius yang hampir mati.

Itu adegan dalam film Potter yang paling bagus menurut saya. Tidak rumit tapi mudah dipahami. Jadi di saat kita mendapat kesulitan atau masalah, percayalah diri kita sendiri harus bergerak terlebih dahulu mengatasi masalah itu jangan menunggu pihak lain. Menolong diri sendiri, lakukan maksimal jika masih belum berhasil baru meminta bantuan orang lain. Semoga bermanfaat sobat.

Pantang Menyerah

Tubuhnya putih susu capitnya cokelat muda, mulutnya menggigit sesuatu, itu sepotong tanah liat.

Aku sering melihatnya, sangat sering. Kapan itu aku tutup dengan semen putih, masih juga muncul. Kapan lagi itu aku siram dengan oli dan minyak tanah, beberapa waktu hilang akhirnya muncul lagi. Kata tetanggaku kasih kapur semut saja, memang belum kucoba sih. 

Minggu, 07 Juni 2015

Event Menulis Cerpen Bertema Laut

Laut merupakan ekosistem penting di bumi. Sebagian besar wajah planet biru ini didominasi olehnya. Begitu pun Indonesia dikenal sebagai negeri dengan perairan yang luas dan kekayaan bawah lautnya yang luar biasa. Sudah begitu banyak inspirasi yang telah lahir darinya. Mulai dari lukisan, potret indahnya yang diselimuti senja, ribuan puisi yang menggambarkan meganya juga karya-karya lainnya. Nah, bersama Vio Publisher, saya ingin mengajak teman-teman untuk berpartisipasi menyelam dalam lautan inspirasi yang dihadirkan oleh laut. Ayo, berkarya melalui event ini!

  • Syarat Tulisan

Tulisan adalah cerpen bertema LAUT.
Panjang cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia minimal 3 halaman dan maksimal 4 halaman. Diketik rapi padahalaman A4 document word, margin normal, spasi 1.5,Times New Roman 12 pt. Simpan dengan format naskah:LAUT – Nama Penulis – Judul Cerpen. Contoh: LAUT – Gee S – Orang-orang Laut.
Di akhir naskah tuliskan biodata narasi maksimal 100 kata.
Genre cerpen bebas, petualangan, fantasi, misteri, apa pun asal tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Setting laut bebas, bisa laut yang ada di Indonesia atau di Luar Negeri atau dalam bentuk fantasi (jika genre yang ditulis adalah fantasi). Jadi, ayo riset!
Tulisan merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Juga bukan hasil PLAGIAT!

Rabu, 03 Juni 2015

Menemukan Rumah

Seseorang yang menemukan rumahnya, dirumah orang lain.

Sebenarnya pernah membaca tulisan seperti itu di buku Life Traveler karya Windy Ariestanty. Tetapi kemarin kawan saya bercerita tentang seseorang yang juga menemukan rumahnya di rumah orang lain.

Peluk hangat dan kedekatan bisa ditularkan dari pola asuh dalam sebuah keluarga. Ada loh orang yang merasa asing dengan segala bentuk kedekatan seperti itu. Lagi-lagi karena pola asuh dalam keluarga. Saya punya kawan, mungkin bagi beberapa orang sebuah pelukan atau ciuman dengan saudara adalah hal biasa saja. Tetapi bagi kawan saya hal itu sangat aneh dan asing bagi dirinya. Bagi sebagian lainnya memakai pakaian minim di depan saudara atau keluarga adalah hal biasa, sebagian yang lain akan merasa risih. Alasannya yang dikemukakan kawanku saat itu malu, risih atau mungkin masih sangat kaku hubungan dalam keluarganya.

Ada saat dimana seseorang merasakan kenyamanan di sebuah rumah yang bukan rumahnya. Entah kedekatan dengan si pemilik, kenyamanan dengan pemilik rumah atau juga keramahan pemilik rumah yang menjadikan seseorang tadi merasa di rumah sendiri. Rumah dimana dia merasa tak asing dengan suasana dan kehangatannya. Tak asing dengan segala sesuatunya.

"Setiap orang akan mencari rumahnya, dimanapun itu. Rumah tempat dia kembali, tempat dia pulang"

Hati-hati Memilih Produk (Women Only)

Bagi perempuan tentu tak asing dengan tamu bulanannya. Hal itu membuat sedikit repot karena kita dihadapkan pada pilihan produk pembalut yang bermacam-macam. Dari yang bergambar lucu hingga yang menawarkan berbagai ukuran. Selama ini saya sendiri belum memilih produk aneh-aneh, apa yang biasanya saya beli maka saya cenderung menyukainya dan menggunakannya lagi.

Hingga suatu hari ada seorang teman menawarkan pembalut dari bahan ramah lingkungan dan aman digunakan. Bahannya dari kain yang di jahit sedemikian rupa sehingga lebih bagus dalam penampilan menyerupai produk pembalut hasil pabrik. Selain bisa di pakai berulang kali karena bisa dicuci dan tetap bersih juga sangat aman. Isu berkembang beberapa waktu lalu jika pembalut pabrik yang dijual bebas ternyata berbahaya. Bahayanya apa silakan googling sendiri tentang itu.

Kekal Dalam Ingatan

Di depan rumah saya dulu ada jalan setapak yang menghubungkan setiap rumah. Jalan kecil itu dibuat swadaya oleh seluruh penghuni kampung. Setiap saya bepergian ke warung atau kemana saya pasti memilih melewati jalan setapak itu. Selain karena lebih dekat juga terhindar dari becek saat hujan. Meskipun saat ini jalan setapak itu sudah hilang atau rusak dimakan usia dan pembangunan jalan yang lainnya.

Senin, 25 Mei 2015

Film Chappie

Sumber gambar Wikipedia

Mau lihat Wolverine dibanting-banting robot Chappie? tonton film ini. Alasan lain nonton film ini karena genre Sci-fi komedinya.  Kadang bikin mewek lain waktu bikin ngakak.

Cast :
Sharlto Copley as Chappie
Dev Patel as Deon Wilson
Ninja as Ninja
Yolandi Visser as Yolandi
Jose Pablo Cantillo as Amerika
Sigourney Weaver as Michelle Bradley
Hugh Jackman as Vincent Moore
Brandon Auret as Hippo


Meski rilis Februari atau Maret kemarin tetapi baru sekarang saya menontonnya. Meski begitu saya selalu tidak kecewa menonton film Sci-fi. Produser film ini Simon Kinberg dan Neil Blomkamp, berdasar film pendek Tetra Vaal oleh Neil Blomkamp. Neil Blomkamp pernah membuat film sebelumnya Distric 9, yang menurut saya sedikit aneh meski rating dari beberapa situs yang saya baca lumayan bagus.  Berbeda dengan Chappie yang lebih menghibur dan sukses bikin saya ketawa dan sedih.

Jumat, 22 Mei 2015

Surat Untuk Ibu

Selamat Pagi bu,
Bagaimana cuaca surga pagi ini? sejuk, dingin atau hangat?
Kuharap ibu baik-baik saja di sana.
Apakah ibu sedang minum teh? atau di sana ada minuman seperti jus, kopi atau bahkan jamu.
Apa kabar simbah dan pak lik atau bude di sana, ponakanku yang ganteng-ganteng apa kabarnya? Sampaikan salam rinduku juga pada mereka.
Bagaimana kabar kakakku, dia di sana dengan ibu kan? pasti dia mewarisi wajah ibu.
Oh iya bu, sampaikan simbah kalau aku sering menengok bekas rumahnya agak kurang terawat banyak rumput tinggi di kebun sekarang. Mungkin besok lusa ku minta paklik Dar membersihkan kebun itu.
Aku masih ingat saat simbah memotong ketela untuk ayam-ayamnya, sambil merokok klobot di samping rumah simbah di sana.

Hormati

"Kau seperti gelembung, lembut dan sangat rapuh. Aku menjaga  agar kau tetap utuh"
***
"Hormati dan hargailah orang yang lebih tua darimu, bukan hanya orang tuamu"
 

Percakapan dengan Seorang Kawan

Kalau kita berasal dari satu ibu dan bapak pada awal mulanya, berarti menikah dengan ....?

Jawab : mungkin, tapi jauuuuuuuuuuuuuuuuh sekali. Lagipula, begitulah ceritanya.

Kalau berasal dari satu kok beda-beda, ada yang hitam ada yang putih ada yang jelak ada yang cakep, ada yang tinggi ada yang pendek dan lainnya?

Jawab : Mungkin karena kita tersebar di wilayah-wilayah yang berbeda, itu hanya masalah fisik.

Kalau berasal dari satu seharusnya bahasanya sama kan?

Jawab : Entah, tapi kenapa mereka bisa lupa dengan bahasa awal mereka kalau berasal dari satu saja. Apakah nenek moyangnya tidak meninggalkan satu cerita atau tanda yang sama untuk mengingatkan bahwa mereka berasal dari satu atau dua orang saja.



Senin, 18 Mei 2015

Api Unggun di Puncak Bukit

Kampung itu terletak di pegunungan yang jalannya naik turun. Jarak antar rumah sangat jauh, dibatasi kebun yang penuh pepohonan. Sawah tidak begitu luas hanya beberapa petak, sisanya kebun yang kering dimusim kemarau. Pemuda di kampung itu sudah nyaris tak ada, tersisa orang-orang tua dan anak-anak. Pemuda kampung itu jika lulus sekolah kemudian merantau ke kota besar. Itu kata pak tua yang bercerita padaku di suatu siang.

Malam itu, selepas pengajian di salah satu rumah penduduk kami bersembilan diajak untuk naik bukit. Malam-malam mana jalan sangat minim penerangan, aku sempat ragu untuk ikut. Tapi temenku cewek malah pada antusias mau melihat kota Yogyakarta dari atas bukit. Apa indahnya menurutku sih. Aku iyakan saja, kalaupun aku pulang juga sendirian. Kami menembus gelap dipandu salah satu pemuda kampung itu. Jalannya menanjak, jalan setapak yang hanya muat dilewati satu orang. Kami saat itu hanya membawa penerangan dengan obor, kampung banget ya. Hasilnya sampai puncak obor mati dan kita gelap-gelapan.

Bersyukur dan Bersabar

"Kemarin malam, di balkon Rumah Sakit, berdua dengan anakku, kita duduk ngitung bintang. Sesuatu yang sudah lama sekali tak pernah kulakukan."

Bapak sudah sepuh, malam kemarin saya menungguinya di Rumah Sakit. Padahal seminggu yang lalu baru keluar dari Rumah Sakit itu. Melihat bapak sakit benar-benar kasihan, bapak tidak pernah sakit selama ini. Bahkan masuk Rumah Sakit baru ini selama puluhan tahun lamanya. Alasannya bapak kalau sakit takut disuntik dan tidak suka minum obat. Lebih penting lagi bapak benar-benar jarang sakit. 

Love Life Flower

"Love Life Flower Fly Bloom terdengar berbeda dengan Hate Sad Broken Cry"
 "Kamu dan Aku itu sama, hanya beda satu huruf saja"

Jumat, 15 Mei 2015

Tiga Pemuda dan Pohon di Hutan

Cerita ini dulu aku baca di suatu tempat atau buku, aku lupa. Bahkan cerita ini aku tuliskan pada sebuah kertas bagus dan aku simpan hingga sekarang. Dikisahkan seorang tua dan tiga pemuda yang hendak mencari sebuah pohon di hutan. Mereka bertiga diberi waktu hingga matahari terbenam dan mereka harus membawa satu pohon terbaik saja. Demikian kata seorang tua pada tiga pemuda.

Salah satu pemuda berjalan memasuki hutan. Ketika masih pagi dia melihat satu pohon yang besar dan tinggi. Dia mendekat dan hendak menebangnya. Tetapi kemudian dia berpikir, bagaimana kalau di tengah hutan sana ada pohon yang lebih bagus dan lebih tinggi dari ini? pemuda itu kemudian mengurungkan niatnya memotong pohon itu. Pemuda lain segera melihat dan menebang pohon besar itu. Pemuda yang pertama tadi kemudian berjalan terus memasuki hutan, di tengah hutan dia kembali menemukan pohon yang cukup lebat dan besar, tidak kalah besar dengan pohon yang pertama tadi. Dia mendekat dan hendak mengayunkan kapaknya, tetapi lagi-lagi dia berpikir, bagaimana kalau di sana nanti ada pohon yang lebih baik dari ini. Hatinya ragu, bagaimana jika pohon yang pertama tadi lebih baik, tetapi dia sudah tak punya waktu untuk kembali ke tempat pohon yang pertama tadi. Jangan-jangan pemuda lain sudah menebangnya, dan dia kehabisan waktu untuk kembali. Maka dengan tekad bulat pemuda itu meneruskan langkah dengan yakin berharap menemukan pohon yang lebih baik lagi.

Rabu, 13 Mei 2015

Mbak Misterius

Aku ingat sesuatu. Sesuatu yang telah bertahun lalu terjadi. Sesuatu seperti kata seorang penyanyi itu. Sesuatu yang membuatku bertanya-tanya hingga kini. 
Seorang perempuan berkulit putih, berpotongan rambut cepak dan sangat tomboy. Sepatu yang dikenakan sudah berulang kali dikenakan untuk naik gunung. Kamarnya tidak menampakkan kamar seorang cewek, ada satu boneka besar itupun menyeramkan. Boneka monyet berbulu keriting warna hitam menakutkan, aku takut monyet. Tak akan kau temukan bedak, parfum ataupun lipstik di ruangannya. Jangankan itu, kaca saja tidak ada. Mungkin dia tidak membutuhkannya, karena dia sangat cantik. Anak Bandung, suka bertualang, sesekali ada kawan bulenya main ke kostan. Dia tak pernah canggung dengan orang yang baru ditemuinya, bahasa Inggrisnya juga lancar. Kadang dia hilang sehari dua hari, dan aku tak tahu dia kemana. 

Selasa, 12 Mei 2015

Foto Pramugari Cantik

Perempuan itu seorang pramugari dari maskapai sebuah penerbangan sosoknya cantik, putih, anak pejabat dan seksi. Pacar perempuan itu calon kakak ipar kawanku. Sebut saja perempuan itu si X. Gambar yang ada di akun sosmednya gonta ganti tiap beberapa menit sekali, cantik sih cewek Jakarta dan pramugari lagi. Plus ngakunya dia anak seorang pejabat tinggi, katanya lagi dia sudah S3. Wah hebat, seorang pramugari anak pejabat tinggi eh pendidikannya tinggi juga. Hanya saja aku kok merasa aneh, seumuran kawanku kalaupun dia kuliah kawanku saja lulus kuliah dua tahunan yang lalu, apakah si X ikut akselerasi dari SMP ya kok bisa umur segitu S3, wah sangat cerdas. Habis itu aku diperlihatkan fotonya lagi, foto mobilnya. Menurutku, sesuka-sukanya aku dengan tokoh kartun aku malas kalau barang-barangku semacam kendaraan aksesorinya hampir semua berbau tokoh kartun itu. Kesannya masih anak kecil banget, atau aku saja ya yang merasa aneh.  Kawanku bersikeras kalau memang dia begitu. Karena perempuan si X itu calon iparnya ya aku iyakan saja. Masalah timbul ketika kawanku terlibat sedikit masalah dengan perempuan itu masalah transaksi barang tertentu. Dari situ kecurigaanku semakin besar. Pikirku, anak orang kaya dan berpenghasilan sendiri harusnya dia tak ada masalah tentang hal itu.

Jangan Berlebihan

Hadist Rasullulloh "Janganlah kamu mencintai sesuatu secara berlebihan karena bisa saja esok yang kamu cintai justru menjadi yang paling kamu benci. Dan janganlah kamu membenci sesuatu secara berlebihan, karena bisa saja esok ia menjadi sesuatu yang paling kamu cintai."

Simple Miracles

Judul buku : Simple Miracles, Kisah Nyata Tentang Doa dan Arwah
Penulis       : Ayu Utami
Penerbit     : KPG
Cetakan     : 2014

Buku Simple Miracles ini menarik karena menurut saya berbeda dengan buku Ayu Utami yang lainnya. Berisi tiga bagian yaitu Hantu, Tahun dan Tuhan. Perhatikan judul ketiga bagian itu, cukup menarik perhatian.

Berikut blurb yang saya ambil dari buku tersebut :
Spiritualisme kritis adalah penghargaan pada yang spiritual tanpa mengkhianati nalar kritis. Buku pertama seri ini adalah kisah nyata satu keluarga; satu anggotany adapat berkomunikasi dengan arwah; seorang lagi berusaha bersikap kritis namun terbuka terhadap gejala itu. 
Informasi tentang masa depan ataupun dunia roh menggelisahkan dan membikin rentan manusia. Ada yang memburunya, ada pula yang sama sekali menutup diri terhadapnya. Simple miracle bercerita tentang keajaiban-keajaiban sederhana berkenaan dengan doa, kematian, dan arwah; serta bagaimana nalar mencoba mencernanya.

Senin, 11 Mei 2015

Alex dan Penguasa Hutan

Tanahnya masih lembab, pasti karena hujan deras semalam. Tetesan air sisa hujan masih terdengar dari satu daun jatuh ke dedaunan di bawahnya. Sebagian lagi jatuh hingga ke dedaunan kering yang memenuhi tanah di sekitar pepohonan besar yang menjulang seperti menusuk langit. Berjalan di antara pepohonan itu seperti melewati bangunan gedung pencakar langit begitu rapat dan kokoh dengan serabut akar yang bergelantungan di sana sini. Sebegitu rapatnya pepohonan itu membentuk kanopi hutan sehingga sinar matahari sedikit saja yang sampai ke bawah sini. Cukup lembab untuk bersembunyi seekor ular atau serangga hutan untuk meletakkan telurnya di balik dedaunan yang tebal seperti kasur itu.

Baru saja berjalan setengah hari belum sampai ke kemah yang dimaksud tetapi sudah menguras keringat terutama bagi Mercury yang jarang sekali berjalan menembus hutan seperti ini. Botol mineral yang dibawanya sudah habis setengahnya, sekali dia hendak menenggak isinya tangan Alex dengan sigap merebut botol itu dari tangannya. 

Sabtu, 09 Mei 2015

Setiap Jengkal Ilmu

Setiap saya menemukan satu kata atau satu nama yang saya tidak tahu tentangnya, maka saya merasa bodoh. Dan setelah saya mencari tahu arti kata atau nama itu saya merasa sedikit lega. Tetapi ketika setelah itu saya kembali lupa, maka saya merasa semakin bodoh. 

Saya bukan sekali dua kali membaca tulisan seseorang dan harus membuka Google search menemukan arti kata itu atau mencari tahu tentang sebuah nama tertentu. Tetapi disitu asiknya, saya menikmati setiap jengkal pengetahuan kecil yang saya temukan. Saya terpaksa googling karena tumpukan buku di rumah belum begitu tinggi, bahkan rak bukunya belum terpasang. Jadi sumber bertanya saya satu-satunya ya hanya itu. Selain buku-buku yang saya jumpai di perpustakaan semacam kamus lengkap atau sejenisnya.


Semoga menemukan kata baru lagi, dan bisa mengingatnya dengan baik. Hingga suatu saat menemukannya tidak harus bingung mencari artinya.

Setiap jengkal ilmu adalah sesuatu yang butuh ditemukan, dan rasanya luar biasa.
Selamat menikmati hari libur dengan siapapun yang kalian sayang, dan selamat membaca!!
 

Angkuh dan Rapuh

Memikirkanmu tidak ada habisnya. Berasa gila, tak juga memahami semua ini. Entah berapa malam kulewati dengan menahan sejuta rasa menyiksa. Dan kau, seakan tak juga memahami. Aku khawatir jika ini hanya aku. Itu berita paling menakutkan yang bisa meluluh lantakkan duniaku.

"Temui dia, katakan padanya"
"Aku tak bisa, aku tak akan mampu mendengar jawabnya"ucapku kalah.
"Belum kau coba"
"Kau memaksaku"aku menatapnya.
"Apalagi yang kau tunggu, hingga ia melewati waktu dan menghilang lagi"
"Itu saran gila"
"Kupikir kau akan gila jika tak mengatakannya"
Aku menggeleng keras berusaha menepis semua itu.
"Aku tak mampu"

Kamis, 07 Mei 2015

Axlyozh dan Koochack

'Sebuah negeri yang dipimpin oleh seorang pemimpin yang zalim maka akan rusaklah negeri itu'

Jika saat itu rakyat negeri Pohon tidak salah memilih tentu mereka tidak akan mengerti sebuah pelajaran. Seandainya saat itu Axlyozh yang seharusnya menduduki tahta, tetapi ternyata suatu konspirasi membuat Perdana Menteri Koochack yang menduduki tahta. Siapa Axlyozh? Manusia biasa yang sangat biasa atau seorang tersohor lainnya? Entahlah, mungkin Axlyozh orang baik yang tidak pernah muncul dalam perebutan kursi saat itu.

Rabu, 06 Mei 2015

Beauty and Sadness

Novel Beauty and Sadness karya Yasunari Kawabata (1899-1972) ini saya pinjam dari perpustakaan. Setelah saya menamatkan membaca buku Neil Gaiman untuk mengobati kekecewaan karena belum bisa membeli bukunya yang bergambar lucu di Gramedia waktu itu. Saya penasaran dengan tulisan Neil Gaiman dan beruntung saya menemukan salah satu bukunya Interworld karyanya bersama Michael Reaves. Kembali ke buku Beauty and Sadness saya cukup menikmati tulisannya. Buku yang bagus biasanya saya tak ingin melewatkan satu kalimatpun untuk membacanya. Berbeda jika bertemu buku yang sedikit membosankan saya biasanya akan langsung loncat ke halaman akhir he he.

Selasa, 05 Mei 2015

Bilangan

Aku tidak terlahir sama. Aku ingin bisa memilih. Tetapi keberadaanku tetap diinginkan. Meskipun mungkin ada yang menyesali keputusan menginginkan kehadiranku pada akhirnya, hanya mungkin. Dunia sering bersisalak tentang diriku.

Aku iri dengan ‘dua’ dengan ‘empat’ atau ‘enam’ dan seterusnya. Aku ada tetapi dibenci karena aku adalah diriku. Padahal sekali lagi, aku tak meminta kehadiranku. Aku berada diantara sesuatu yang genap dan bahkan memuja kesempurnaan si genap dengan sepenuhnya, hampir menyembahnya. Si genap selalu memandang asing diriku di muka bumi. Orang bakalan rengus jika menghadapiku.

Hingga suatu ketika seorang anak manis belajar berhitung,”Satu, dua, tiga, empat, lima...” aku disebutnya. Bahkan anak manis itu mengulangnya beberapa kali, keberadaanku ternyata ada diantara barisan angka itu.

Barisan angka itu pasti tampak aneh tanpa kehadiran diriku. Aku membayangkan anak itu berhitung dengan,“Dua, empat, enam, delapan dan seterusnya.” Seperti ada yang tampak hilang disana. Si genap tak akan dianggap genap selama tidak ada diriku. Bahkan jika dua diriku disatukan atau ditambahkan hasilnya adalah genap.

Senin, 27 April 2015

Sukadra dan Semut di Telinga

Maruta memiliki anak dari kelima istrinya bahkan jumlahnya cukup dihitung dengan kedua jari tangan dan kaki. Tetapi Maruta yang kadangmerasa dirinya Kasyapa merasa ada yang kurang ketika dua istrinya masih bermuram muka karena satu hal. Bukan karena mereka kurang cantik atau memikat hati tetapi karena keduanya berebut perhatian Maruta dan keduanya belum memiliki keturunan.

Sedih hati mereka berbanding lurus dengan kebahagiaan istrinya yang lain. Toh bagi mereka berbagi cinta dalam satu atap bukan lagi hal yang baru. Pagi itu telinga mereka seperti kemasukan seekor semut suaranya berisik dan mengganggu acara mengupas bawang di dapur.

“Rasanya Maruta masih menginginkan satu atau dua anak lagi dariku” ucap Kudra dengan senyum matanya melirik Sukadra dan Kalinga yang diam merasakan semut-semut merayapi telinga.

Sabtu, 11 April 2015

Tahu Malu

Kalau yang berseteru itu dua anak kecil mudah saja, berikan masing -masing kayu dan biarkan keduanya saling memukul sekalian, hingga salah satunya menangis sekalian.

Dimana malunya mereka berada di panggung dan semua bisa leluasa melihat dan mengamatinya.

Jumat, 10 April 2015

RAHASIA

Pernahkah kamu terjebak dalam suatu masalah? Yang sedikit rumit, hingga kamu tak tahu hendak berbuat apa. Seperti buah simalakama, keputusanmu sangat mungkin berdampak bagi hubunganmu dengan seseorang. Bagaimana jika seseorang itu adalah seorang teman atau seseorang yang dekat?

Pernahkah kamu ada dalam situasi semacam itu? Jika pernah, apa yang akan kamu lakukan? Membukanya atau membiarkannya begitu saja.

Pernah baca jika kita sebaiknya menutupi keburukan seseorang, maka akan ditutupi keburukan kita sendiri. Apa beda keburukan, rahasia dan aib? Apakah beda dengan kesalahan atau kejahatan orang lain?

Sebelas Patriot

Judul: Sebelas Patriot
Penulis: Andrea Hirata
Terbitan: Juni 2011
Tebal: 112 halaman

Kamis, 09 April 2015

WANITA MOCHI

Annyeong haseo” −Apa kabar
Annyeong haseo. Mannaseo ban gapsseumnida” −Apa kabar, senang sekali bertemu dengan anda.

Wajahnya lembut seperti mochi, senyumnya manis dihias lesung pipit, dan rambut hitam tebal jatuh lembut di wajahnya. Keindahannya menandingi pemandangan pegunungan yang berlekuk hijau di kejauhan, segar membuat ingin kembali. Seandainya aku terus disini.

Di kejauhan pucuk teh menghijau bergerak seperti ombak, menebar hawa sejuk dan dingin di pegunungan. Daun teh di Hadong dekat sungai Seomjin, dipanen antara akhir bulan April dan awal bulan Mei. Perpaduan antara tumbuhan teh yang dibudidaya dan tumbuhan teh liar banyak dijumpai di pegunungan ini.

Berjalan diantara pohon teh kukira semudah yang kulihat di iklan televisi, seperti mudahnya memotong pucuk teh yang masih hijau itu. Bahkan dengan memamerkan senyum yang tampak damai. Ternyata tak semudah itu, kaki harus dilindungi dengan sepatu dan baju yang agak tebal karena beberapa kali ranting pohon teh itu melukai kulit. Belum lagi jika musim cenderung lembab, tanah merah tempat berpijak menjadi licin, tanaman teh yang kebetulan berada di lereng yang curam sehingga harus hati-hati dilalui. Salah-salah kita bisa terpeleset dan jatuh diantara semak pohon teh hingga bawah. Bayangkan pegalnya tangan memetik pucuk teh di kebun seluas itu, pegal-pegal pasti bagi yang tidak biasa melakukannya apalagi jika harus berdiri lama.

Ijjogeuro anjeusipsiyo”−silahkan duduk di sini.
Ne”−Ya