Sabtu, 06 Desember 2014

Bocah Bermata Kucing

Kucing memiliki mata yang istimewa. Dia mampu berburu di malam hari dengan mata spesialnya. Manusia tidak memiliki kelebihan ini. Sebenarnya bukan hanya kucing tapi hewan dari jenis kucing seperti Harimau, Cheetah, Singa dll. Biasanya kucing di dalam kegelapan atau malam hari matanya akan seperti menyala jika terkena sorotan lampu. Ini dikarenakan mata kucing memiliki lapisan Kristal Tapetum Lucidum di matanya. Lapisan ini ternyata memantulkan cahaya kembali, jadi bukan bercahaya dengan sendirinya tetapi memantulkan cahaya yang mengenainya. Selain itu sel batang pada retina kucing juga lebih banyak sehingga mampu beradaptasi pada kegelapan. 

Di China ada seorang bocah yang memiliki mata seperti kucing ini. Nong Youhui nama anak itu. Berita ini sebenarnya saya lihat di televisi juga, kemudian karena penasaran saya mencari tahu tentang mata kucing ini. Menurut berita anak itu mampu juga membaca dan menyelesaikan beberapa soal yang diberikan gurunya di kegelapan. Matanya berwarna sedikit kebiruan. Kalau di Film yang memiliki mata seperti ini contohnya Riddick di Chronicle of Riddick.

Mengingat mata kucing saya si Gembul juga berubah ketika malam. Kalau siang hari atau dalam cahaya terang, matanya akan berwarna putih keabu-abuan. Sedangkan jika malam atau dalam kegelapan akan berwarna cenderung cokelat gelap. Sedangkan jika terkena cahaya mata Gembul akan berwarna merah cerah, lucu bukan. Ternyata kucing jika dalam cahaya yang cukup maka pupil matanya akan menutup atau mengecil. Kalau kucing saya akan berwarna putih keabu-abuan. Sedangkan ketika cahaya berkurang atau gelap maka pupil mata kucing akan membuka terkadang hingga hampir penuh untuk menangkap cahaya yang kecil sekalipun. Kalau kucing saya makanya jadi berwarna kecoklatan. Coba kalau manusia punya kelebihan seperti itu pasti menakjubkan seperti bocah di China itu. Setahu saya kalau manusia pupilnya membesar jika dalam keadaan tertentu saja, semisal sedang tertarik dengan seseorang (merasa senang) atau takut.

Ngomong - ngomong soal cahaya di mata kucing, saya jadi ingat mata Lucy di Film Lucy itu. Matanya bisa berubah berbagai macam warna dan berbagai bentuk, lucu juga ya. Eh maaf jadi ngomongin film ya dari tadi. Mungkin kalau manusia baru sejauh menggunakan softlens yang berwarna saja he he. Saya sering menemukan berbagai zat pada hewan sering menggunakan nama Lucy, ternyata Lucy sendiri berarti cahaya ya. Misalnya saja zat cahaya pada kunang-kunang yaitu enzim Luciferase.  Maaf ini tadi bahas mata kucing jadi agak melenceng he he. Demikian saja sobat semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Hhoho, aku jadi inget pupil matanya Nala Cat :D
    Sayang banget kok gak ada fotonya nih. :(

    BalasHapus
  2. Hilda Ikka : punyakucing juga mbak :)
    iya gak ada hehe anak China itu masih kecil bermata biru muda

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun