Jumat, 22 Agustus 2014

Cumi Goreng dan Jamur Goreng

Cumi Goreng dan Jamur Goreng
Cumi Goreng

Memasak cumi - cumi bagi saya susah - susah mudah. Kata mbak saya kalau memasaknya lama bakalan keras dan mengecil atau mengerut. Kalau digoreng begitu saja tanpa tepung biasanya mbak saya hanya memakai minyak sedikit. Karena teksturnya yang empuk dan kenyal anak - anak biasanya menyukainya, sehingga sewaktu - waktu anda bisa memasaknya sendiri. Jika membeli dalam keadaan matang biasanya kurang puas.

Bahan untuk mengolah juga tidak ribet, hanya perlu cumi, minyak goreng dan tepung siap pakai. Anda bisa membelinya di supermarket atau toko terdekat, tepung untuk menggorengnya yang telah berbumbu. Cumi dibersihkan, lalu dipotong seperti cincin. Kemudian gulungkan cumi di tepung tadi, biasanya tepung untuk seafood agak terasa mericanya atau agak pedas. Kemudian goreng di minyak hingga kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan hangat dengan sambal atau saos.

Cumi Goreng dan Jamur Goreng
Jamur Goreng
Jamur adalah makanan yang menyehatkan. Bagi sebagian orang bahkan konon membuat panjang umur. Sebagian jenis jamur juga berfungsi sebagai obat. Selain itu jamur teksturnya mirip dengan daging jadi bagi para vegetarian bisa menggantikan daging bagi menunya. Selain itu Jamur juga tidak banyak mengandung protein jadi baik bagi orang yang sedang diet atau mengurangi jumlah protein dalam asupan makanannya.

Mengolah jamur juga mudah, karena tergolong bahan yang cepat masak sehingga jangan terlalu lama memasaknya. Saya suka memasak jamur Tiram yang berwarna putih dan teksturnya lembut seperti kulit ayam. Jika ingin memasak oseng atau tumis dengan dicampur cabai hijau sangat enak, bumbunya biasa saja bawang putih, bawang merah, cabai hijau, merica, sedikit gula dan garam. Jamur lain seperti jamur Kuping hitam yang biasanya untuk memasak capcay dicampurkan dengan bahan lainnya. Jika jamur mentah segar tinggal dibersihkan dan diolah, jika jamurnya kering cukup direndam air sebentar dan siap diolah. Jamur Kuping putih yang mirip bunga biasanya untuk campuran sop. Caranya mengolah hampir sama. Jamur tiram seringnya saya olah dengan digoreng tepung. Cukup cuci jamur dan suwir kemudian gulingkan dengan tepung bumbu siap pakai dan goreng di minyak panas. 

Saya juga pernah menikmati jamur goreng yang cukup enak di Sunmor, jenisnya bulat - bulat besar dan dagingnya tebal. Tapi saya lupa jamurnya jenis apa, pernah sih saya temui di supermarket. Jamur lain yang suka saya masak atau saya temui di pasar adalah jamur Merang, jika di supermarket biasanya sudah kemasan. Jika di pasar maka masih segar dan dijual kiloan, selain masih segar biasanya masih kuncup bulat - bulat lebih enak menurut saya daripada yang sudah kemasan.

Jika anda tidak sempat mengolahnya, nikmati hidangan serba jamur di Yogyakarta, banyak restoran atau tempat masakan berbahan jamur. Selamat mencoba, sekalian wisata kuliner di akhir pekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun