Minggu, 30 Desember 2012

Bagaimanakah Cara Merawat Hamster

Bagaimanakah cara merawat hamster

Binatang yang satu ini mirip dengan tikus, dan memang masih keluarga tikus mungkin. Wujudnya yang imut dan berwarna warni cukup menarik untuk dipelihara. Beberapa waktu yang lalu saya pernah memelihara hamster ini, kira kira bulan Oktober 2010. Sekarang sudah tidak lagi. 

Hamster ini banyak jenisnya dari syrian, robowroski, campbell, winter white dan lain lainnya. Setahu saya paling imut dan lincah adalah robowroski serta paling susah di ternakkan sehingga harganya cukup mahal. Sedangkan campbell paling mudah di ternakkan dan bagi pemula pun biasanya cukup berhasil menernakkannya. Salah satu jenis campbell setahu saya ada yang bermata merah ( seperti foto diatas ) dan cukup galak serta biasa menggigit jika di pegang. Ada pula winter white yang bulunya bisa berubah warna sesuai cuaca. Sedangkan jenis syrian berukuran lebih besar mirip marmut dan agak pemalas ( suka tidur ). Ada pula jenis hybrid perpaduan antara campbell dan winter white. Tetapi dikalangan penyuka hamster perkawinan lintas jenis sangat tidak dianjurkan karena akan merusak kemurnian jenis itu sendiri. 


Memelihara hamster ini ternyata tidak begitu sulit, hanya harus rajin memberi makan dan membersihkan kandangnya saja. Kesulitan akan muncul di kala si hamster mulai beranak pinak, apabila belum pernah memelihara sebaiknya memilih satu jenis saja ( betina saja atau jantan saja). Kerepotan muncul karena si hamter yang beranak akan sangat agresif bahkan bisa memakan anaknya jika anaknya terkena sentuhan tangan manusia. Hal ini terjadi beberapa kali dengan anak hamster saya. Ketika sudah melahirkan anak anaknya sebaiknya pisahkan dengan si jantan. Tempatkan di tempat yang agak gelap dan agak sepi kalau bisa tutup kandang (  jangan dilihat lihat terus ). Jangan ganti alas ( baik pasir ataupun kayu serut ) hingga anak hamster kurang lebih 2 minggu atau anaknya sudah keluar sarang. Anak hamster setelah terbuka matanya, keluar bulunya dan bisa berjalan jalan maka berikan makanan lunak. Makanan induknya selama mengasuh si anak harus benar benar tercukupi. Agar tidak terlalu lembab jangan berikan sayuran atau makanan basah lain. Apabila memungkinkan sehabis beranak berilah jangkrik atau belalang muda untuk makanan induknya ( sebagai pengganti nutrisinya ). Anak anak hamster ini biasanya akan dibuatkan sarang dan ditutupi oleh induknya.

Bagaimanakah cara merawat hamster

Setelah anak hamster berumur kurang lebih dua minggu dan sudah keluar sarang, maka kandang bisa di bersihkan dan di ganti alasnya. Selanjutnya pemberian makan dan penggantian alas seperti biasa. Pisahkan si anak setelah berumur kurang lebih 2 bulan, umur sekian hamster sudah bisa mandiri ( tidak menyusu induknya lagi ). Umur segitu juga si hamster sudah siap untuk di jual ( apabila malas memelihara ) dan segera pisahkan dengan induk karena mereka sudah siap berreproduksi. 

Oh ya makanan hamster bermacam macam dari yang paling umum yaitu biji bunga matahari, biji bijian lainnya, ada juga semacam pelet khusus hamster. Makanan tambahan bisa sayuran seperti wortel atau kol tetapi jangan banyak banyak dan cepat di ganti jika tersisa agar tidak berbau. Makanan yang saya berikan juga belalang, ternyata hamster sangat suka ini, terutama hamster betina yang memiliki anak. Berikan minum berupa air di wadah khusus tetapi jangan terlalu banyak agar tempat hamster tidak basah atau terlalu lembab. Biji bunga matahari katanya bisa membuat kegemukan jadi jangan terlalu banyak. Hamster suka menimbun makanannya di sarang jika berlebih jadi jangan heran sekejab saja makanan habis di tempat makanannya.

Sediakan juga mainan hamster karena hamster adalah binatang yang aktif dan juga supaya hamster tidak gampang stres. Hamster akan aktif juga di malam hari. 

Sabtu, 29 Desember 2012

Semut Hitam


Ada satu semut yang aku sukai yaitu semut hitam yang berlari dengan gesit dan tak pernah menggigit. Berbeda dengan semut merah yang berjalan pelan tetapi jika menggigit sakit bukan main. Semut hitam ini jika berjalan dan bertemu kawannya berhenti dan saling berciuman atau apa aku tak tahu. Setahuku dari yang kubaca mereka menularkan baunya kepada yang lain untuk di toreh disepanjang jalan sehingga kawannya tidak akan tersesat. Semut juga salah satu hewan yang ada dalam nama sebuah surat di Al Quran yaitu An Naml. Kisah nabi Sulaiman As yang bertemu dengan sekelompok semut dalam sebuah perjalanan.

Semut hitam ini juga menyenangkan karena selain tidak menggigit, juga tidak berbau tajam seperti semut kecil yang biasa kami sebut semut “ bribik”. Tapi semut ini suka lupa daratan jika ketemu minuman manis di gelas, nyemplung semua sampai banyak yang mati. Mungkin seperti itulah sifat manusia juga, jika bertemu dengan sebuah kebahagiaan atau sesuatu yang menyenangkan jadi lupa daratan bahkan lupa dengan keselamatannya sendiri. Sebagai contoh berbagai obat obatan psikotropika yang sudah menjadih musuh generasi muda kita.

Kadang aku berpikir, bagaimana mereka melihat kita yang besar sekali tentunya di mata mereka. Seperti misalnya ada segerombolan semut tercemplung di bak mandi apa yang kita lakukan? ( halah semut saja dipikirkan,tak ada kerjaan saja bukan). Tahukah seandainya kita ini di mata Allah Swt yang Maha Besar ( Allahu Akbar) , seakan semut semut hitam di bak mandi itu? Bukankah kita hanya kecil sekali dihadapan-Nya ?. Ketika semut hitam itu meregang nyawa bertarung dengan maut agar tidak tenggelam apa yang kita lakukan? ( cuek aja, lanjuuut mandinya, ceburr ceburrr).

Semut hitam ini juga tidak dominan dikawanan jenis semut yang lain. Dirumahku beberapa waktu yang lalu datang segerombol jenis semut baru yang mirip semut rang rang yang besar berwarna merah dan sakit jika menggigit. Dan bak sampah sekarang dalam kekuasaan semut baru itu, semut hitam tergusur tempat mencari makannya ke lahan lain yaitu meja makan. Seperti itulah dia tidak konfrontif tetapi memilih mengalah dan mencari lahan lainnya. Apakah seperti manusia juga yang notabene masyarakat kecil yang terpinggirkan oleh kuasa kelompok kapitalis di pusat pusat kota.

Semut hitam ini juga setia kawan, suatu waktu ada temannya yang mati dia angkut sendirian padahal jaraknya hingga ke sarang cukup jauh ( tak tahu mau diapakan). Hewan sekecil semut saja punya kesetiakawanan yang tinggi tidak meninggalkan begitu saja kawannya yang mati itu. Berbeda dengan makhluk lain semacam harimau yang justru memangsa kawannya sendiri. Kita harusnya malu dengan sifat hewan kecil ini yang tidak pernah meninggalkan kawannya ketika dalam kesusahan.

Yang menakjubkan lagi semut sekecil ini ketika terlempar jatuh dari ketinggian yang jaraknya dibandingkan ukuran tubuhnya adalah ratusan bahkan ribuan kali lipat, mereka tetap hidup. Binatang seperti ini setahuku kucing saja, itupun tidak terlalu tinggi. Hal serupa tidak terjadi pada binatang lainnya, karena pernah suatu waktu tidak sengaja menghempaskan seekor laba laba dan binatang itu patah kakinya. Ada lagi di tempatku jika barisan semut hitam berpindah tempat ke tempat ketinggian berarti akan terjadi banjir. Bukan sebuah ramalan, tetapi semut yang tinggal di lubang tanah itu mungkin mengetahui dari suhu udara dan kelembaban tanah yang berbeda. Binatang memiliki kepekaan lebih tinggi pada perubahan alam.

Belajar dari sebuah binatang kecil yang kadang terinjak kaki kita, salah satu binatang spesial yang disebut Allah Swt dan menjadi nama sebuah surat di Al Quran.

Lima Ratus Rupiah

Bunyi suara gitar mungilnya tak beraturan tak bernada sama sekali, apalagi suara nyanyiannya datar tak tahu lagu apa yang sedang digumamkannya. Tangannya sibuk memetik senar gitar itu sesekali mukanya melongok kearah dalam ruangan berharap seseorang melihatnya. Ketika kulirik dia tetap bertahan di depan pintu itu, seakan lelah menunggu tak sabar dia mengetuk koin pemetik senar gitarnya ke kaca pintu. Perempuan disebelahku bergegas mengorek kotak kecil tempat uang recehannya di ambilnya satu keping koin logam dan setengah berlari menghampiri pintu dan buru buru di berikannya uang lima ratus rupiah itu, logam kecil berwarna kuning bertuliskan 500. Lelaki bertopi bulat lusuh yang di depan pintu itu pun melangkah berlalu ke jalanan setelah berguman “nuwun” pada perempuan disebelahku.

Entah berapa pintu yang lelaki itu datangi untuk di ketuk. Entah juga berapa koin yang di terimanya dari tangan tangan penyambung tangan Allah itu.  Entah juga seberapa timbangan keikhlasan dari tangan tangan itu. Apakah rasa kasihan ataukah rasa sebal sekedar pengusir suaranya yang parau ataukah sebuah keilkhlasan yang tulus. Bagi perempuan di sebelahku itu dalam mataku sesuatu yang tak perlu diberi arti apapun, hanya sesuatu yang biasa saja. Seharian entah berapa macam orang yang bersolo konser di depan pintu itu sekedar pertunjukan bernilai satu koin lima ratus rupiah.Suatu waktu sepasang waria cantik nan genit bersuara kencang berdandan bak penyanyi dangdut, di lain kesempatan wanita tua yang tak punya nada apapun sekedar berdiri disana, ataupun sekelompok penari yang atraktif dengan backsound musik tradisional yang menggelegar. Bagi kami hanya sesuatu yang biasa saja hanya tinggal mengorek kotak kecil koin itu dan melangkah ke pintu itu.

Suatu ketika aku berpikir, apakah tiket ke syurga itu mahal ? sebandingkah dengan tiket justin bieber, niki minaj, atau penyanyi kondang lainnya yang bernilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk menonton aksi mereka saja orang berani merogoh kantungnya begitu dalam, lantas bagaimana dengan tiket ke syurga ? Apakah logam kecil berwarna kuning bertulis 500 itu sudah cukup ? katanya nilainya bisa melebihi jutaan rupiah apabila dibarengi sebuah keihlasan. Apakah perempuan itu ikhlas? Bagaimana dia sendiri tahu apakah itu ikhlas atau tidak. Sedang didalam hati kadang aku ngedumel dengan bertambahnya jumlah solo konser bertema “koin kuning bertulis 500” itu. Kadang kudengar dia bergumam “ badan masih seger buger ,umur juga belum tua banget, kenapa meminta minta”. Wangune ( pantasnya) ya orang tua yang sudah tak mampu bekerja atau orang cacat yang sudah tak ada yang mau mempekerjakan. Entah jadi nilai koin turun ke 50 rupiah atau bahkan di catat hanya 5 rupiah sekarang setelah gumaman itu muncul. Semakin tak berarti saja koin kuning bertulis 500 kembalian dari membeli pulpen atau cemilan di penjual sayur keliling itu sekarang. Mungkin lain kali harusnya lembaran kertas bertulis 1000 rupiah saja, setidaknya jika nilai nya turun karena sebuah gumaman akan turun ke 500. Ataukah harus di tata ulang hati itu agar gumaman sebuah do’a tulus dari perempuan tua yang menerima koin itu bisa teramini oleh malaikat yang kebetulan lewat.

Tahukah apa yang terjadi dengan koin kuning yang sampai di saku mereka ? ada yang berakhir pada sebatang rokok, ada yang berakhir pada sekantung es teh manis dan sebungkus nasi kucing di angkringan. Ada pula yang berakhir pada beras sekilo yang dibeli di warung untuk makan mereka dan anak anaknya malam itu. Macam macam cara Allah mengutus malaikat malaikat pemberi rizki agar sampai kepada makhluknya. Bahkan ulat kecil didalam batu di dasar lautan pun bisa hidup dengan kemurahan Allah Swt.

Lain kali mungkin tidak perlu kita berpikir kemana akhir koin itu, bagaimana tanganmu itu menjadi penyambung kebahagiaan orang lain itulah yang kamu perlu pikirkan. Disampingmu mungkin sedang dituliskan satu kebaikan kamu dengan sebuah senyum ketulusan ucapkanlah :

ya Allah jika hanya satu keping koin kuning bertulis 500 itu yang baru bisa kuberikan untuk membeli tiket syurgaku, mohon terimalah ya Allah, semoga Engkau memberikan aku rizki yang lebih besar dari ini dan kemauan tanganku ini memberikan yang lebih besar dari ini” ( amin ya rabbalalamin).

Selasa, 25 Desember 2012

CARA SEDERHANA AGAR ANGGREK CEPAT BERBUNGA

CARA SEDERHANA AGAR ANGGREK CEPAT BERBUNGA
Saya tidak begitu tahu cara memelihara bunga anggrek. Saya juga tidak tahu apa jenis dan nama anggrek yang saya miliki ini. Saya hanya dapat dari tanaman bunga milik ibu saya di kampung. Karena melihat bunga anggrek milik ibuku berbunga sangat lebat ( gambar yang berbunga lebih banyak ) maka saya jadi menyukainya. Akhirnya saya minta satu yang sudah ditanam di pot dengan media arang.

Semula anggrek ini saya taruh begitu saja di depan pintu rumah, agak teduh karena saya takut jika kepanasan nanti menjadi kering. Alasan lain juga karena saya malas mengurusnya, kalau harus tiap hari menyirami. Lama kelamaan daun anggrek itu menjadi sangat lebat dan hijau juga ukuran daunnya lebih lebar, saya heran kenapa anggrek saya tidak berbunga seperti punya ibu saya dirumah. Malahan daunnya bertambah lebat saja tiap hari.


Hingga suatu saat saya diberitahu oleh teman bahwa bunga anggrek harusnya ditaruh di tempat yang agak panas atau terkena terik matahari langsung. Lha saya pikir bakalan kering kerontang nanti kalau lupa disirami, ternyata harus rajin menyiram juga. Hingga akhirnya anggrek yang tidak tahu namanya itu saya pindahkan di tempat yang agak panas. Dan ajaibnya tak berapa lama pucuknya tumbuh tunas bunga yang lama kelamaan memanjang. Mulanya hanya satu , dua , tiga dan seterusnya hingga total saya hitung dalam satu tangkai ada sekitar 12 an kuntum bunga lebih bahkan. Warnanya ungu cerah kelopak bunganya juga lumayan agak besar persis seperti anggrek ibu saya dirumah. Kalau tidak salah bunga itu mekar pas bulan puasa akhir ketika menjelang Lebaran kemarin. Tapi saya juga sedih karena anggrek yang cantik ( yang baru sekali berbunga itu) harus saya tinggal pergi berlebaran ke luar kota. 


Tapi alhamdulillah hingga saya pergi sempat saya ambil gambarnya, karena sepulang dari luar kota bunga itu di petik orang beberapa kuntum pucuknya. Hari selanjutnya si maling tambah seneng aja metik bungaku itu hingga habis sampai ujungnya (beneran tega yang metik ini ). Rasa kesal bercampur sedih melihat anggrek yang baru pertama berbunga itu akhirnya di bawa tangan tangan tak bertanggung jawab. Untungnya masih punya fotonya ( diatas ). Demikian semoga bermanfaat sobat.

Sabtu, 22 Desember 2012

ACARA TUMPENGAN


ACARA TUMPENGAN

Hari ini tanggal 22 Desember 2012 merupakan hari spesial bagi saya dan kawan – kawan karena bukan hanya hari ini adalah Hari Ibu tetapi kami baru saja selesai Acara Tumpengan. Acaranya sederhana saja hanya mengundang beberapa tetangga. Acara sambutan dan perkenalan dilanjutkan potong tumpeng dan makan bersama.

Acara tumpengan ini hanya syukuran saja perpindahan saya dan kawan – kawan ke tempat yang baru, setelah capek dari kemarin – kemarin packing barang yang banyaknya hingga berdus – dus. Dan masih juga belum selesai, tetapi hari ini setidaknya sebagian besar barang – barang sudah di tempat yang baru.

Sabtu ini terasa spesial karena besok libur panjang selama tiga hari. Jalanan Jogja macet bukan main, kulihat plat mobil dari luar kota cukup banyak. Jarak yang tidak berapa jauh yang seharusnya hanya ditempuh beberapa menit saja terasa begitu lama karena jalanan macet. Dan alhamdulillahnya hari ini cukup cerah sehingga acara siang menjelang sore tadi berjalan lancar.

Kami semua pasti merindukan suasana ditempat yang lama, banyak suka duka saya dan kawan- kawan lalui di tempat itu selama beberapa tahun ini. Semoga ditempat yang baru nanti semua akan menjadi lebih baik lagi (amin). Selamat menikmati liburan bersama keluarga dan orang terkasih anda.

Kamis, 20 Desember 2012

BENDUNGAN SERMO

BENDUNGAN SERMO


Waduk atau Bendungan Sermo ini terletak di dusun Sermo Hargowilis Kokap Kulon Progo. Bendungan ini berada di kawasan bukit Menoreh tepatnya sebelah barat kota Wates Kulon Progo. Bendungan ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996.

Jumat, 14 Desember 2012

WIWITAN DAN RUWAHAN

WIWITAN DAN RUWAHAN
Tumpeng

Wiwitan dari kata bahasa jawa “ wiwit “ yang artinya mulai. Wiwitan ini adalah tradisi di kampungku ( didaerah Jogja bagian barat) sebelum memulai memanen padi. Wiwitan ini membuat semacam nasi gurih lengkap dengan ingkung ayamnya dan sambal gepleng ( istilah ibuku ), kemudian biasanya nasi gurih lengkap dengan ingkung ( ayam utuh yang dimasak dengan santan gurih) itu dibawa ke sawah untuk dibagi- bagikan ke para pemanen padi. Tentu saja sebelum dibagi-bagi biasanya ada acara berdoa sebagai rasa syukur pada Allah Swt atas panen padi kali ini.

Rabu, 05 Desember 2012

MENGENAL ORIGAMI


ORIGAMI

Origami adalah seni melipat kertas dari Jepang. Berasal dari kata “ Ori “ yang berarti melipat dan “Gami “ yang berarti kertas.

Minggu, 02 Desember 2012

MANFAAT BUAH PETE UNTUK JANTUNG

MANFAAT BUAH PETE UNTUK JANTUNG
gambar dari sini

Mendengar namanya pasti sudah pada kabur menjauh, karena membawa aroma yang tak sedap. Tetapi bagi yang menyukainya tentu lain cerita. Saya sendiri mulanya sama sekali tidak suka buah hijau yang baunya mengerikan ini, tetapi karena provokasi seseorang saya mulai menyukainya.

MATCHBOX TWENTY

SHE'S SO MEAN BY MB20
gambar dari sini

Band pop asal Amerika ini di bentuk di kota Orlando Florida tahun 1995 dengan lead vocal Rob Thomas, Kyle Cook ( lead gitar ), Brian Yale ( gitar ), Paul Doucette ( drummer ), Stacy Jones (drummer, perkusi). Album pertamanya Your self or someone like you (1996-2000), album kedua Mad Season (2000-2002),dan seterusnya More than you think you are (2002-2007), dan North ( 2011- sekarang ). Album North rilis 4 September 2012, dengan single pertamanya " She's So Mean " yang rilis 12 Juni 2012. 

Rabu, 28 November 2012

MENGATASI JERAWAT DALAM SEMALAM

Bagi remaja masalah jerawat tentu sangat mengganggu. Penampilan jadi pecah gara gara satu saja jerawat di muka.Tapi saya punya tips murah meriah, hemat bin sangat manfaat, anda bisa mencobanya ( kalo berhasil boleh cerita, kalo enggak diem aja ya hahaha)

Bukannya sabun muka yang beredar di pasaran juga cukup banyak, obat jerawat juga gak kurang kurang, tetapi untuk mengatasi jerawat dalam semalam amatlah sulit. Asalkan jerawat belum merah benar dan menggelembung besar saya kira jurus ini pantas dicoba.

Baiklah tidak usah panjang lebar :

  • Lakukan ini sebelum anda tidur malam
  • Pertama bersihkan wajah dengan air biasa saja, pakai sabun muka biasanya juga boleh.
  • Lalu ambil handuk kecil celupkan air hangat ( jangan panas ya) lalu peras dan tempel sebentar ke muka ( sebentar ya jangan lama lama entar mukanya malah kayak kepiting rebus).
  • Kemudian ambil secukupnya pasta gigi kamu khususnya yang berwarna putih ya, oleskan di jerawat tersebut.
  • Selesai deh , biarkan sampai pagi dan bersihkan pelan.
  • Satu hal lagi, jangan suka pegang atau pencet jerawat kamu ya.
Biasanya asal jerawat bukan jerawat batu yg putih kecil di bawah kulit maka cara ini cukup berhasil.Ya jangan harap jerawatnya terus hilang ya dalam semalam cuma si jerawat jadi layu dengan sendirinya. Ini dikarenakan pasta gigi mengandung Triclosan yang membantu mengobati jerawat. Kalo sekali belum kering ya lanjutlah malam berikutnya, tanpa handuk hangat juga tidak apa apa. Oke, semoga bermanfaat. 






Selasa, 20 November 2012

MENGATASI DEMAM PADA ANAK

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini bisa menyebabkan daya tubuh kita menurun. Kadang panas kadang hujan tidak menentu. Kita harus pandai pandai menyiasati perubahan cuaca ini dengan menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Tetapi apabila anak anda atau saudara anda terlanjur terkena demam , berikut cara mengatasinya : 
  • Kompres anak dengan air dingin atau air hangat dengan handuk kecil atau kain.
  • Pakaian anak jangan terlalu tebal atau tertutup, gunakan pakaian yang agak lebih tipis dan agak terbuka agar demam tidak meninggi.
  • Berikan anak banyak asupan cairan, baik itu dari minuman ataupun makanan. Hal ini mencegah anak dehidrasi dan membantu menurunkan panas tubuhnya.Berikan minuman kesukaan anak anda baik itu susu, teh atau yang lain. Makanan yang banyak mengandung air atau buah yang banyak mengandung air juga sangat baik misalnya saja : Sop, buah semangka dll.
  • Tidurkan anak di ruangan yang lebih lapang atau lebih terbuka. Usahakan jika didalam kamar  maka usahakan cukup banyak terdapat ventilasi udaranya.
  • Berikan obat penurun panas anak. 
Demikian semoga bermanfaat.

Jumat, 16 November 2012

GADIS KECIL DAN KUCING

GADIS KECIL DAN KUCING

Setiap gadis kecil itu ada masalah dia berjalan jalan sendirian menembus gelap malam, berdiri di pinggiran hamparan sawah yang temaram dalam sinar rembulan. Disanalah dia bercerita kepada gugusan bintang bintang yang tampak bagai jutaan lampion dari kejauhan. Dia menatap gugusan bintang di langit, mengamatinya satu persatu hingga berasa ingin terbang kesana. Sering dia melihat ada bintang yang jatuh atau bergerak melintas. Menatap langit yang luas terasa semua beban dihatinya terlepas kesana, melihat betapa masalahnya itu seakan mengecil melawan luasnya jagad raya.

Kamis, 15 November 2012

TENTANG KAMU DAN AKU

Kamu mengajariku bagaimana untuk mencintai, kamu juga mengajariku untuk melupakan. Kamu cinta kamu hidup kamu warna kamu rasa kamu hati. Kamu juga mengajariku bagaimana sebuah logika, kamu mengajariku bagaimana patah, kamu mengajariku redup dan pudar. Jika kamu dulu siang dengan terang dan keriuhan kini kamu malam dengan keheningan. Kini beku sudah padam sudah. Semua usai tertinggal dimasamu, diceritamu dikisahmu. Kamu ada untuk kukenal untuk kutahu, untuk kucinta untuk kulupakan. Untuk kamu aku menjadi beku dalam patah dan redup dalam pudar.

Kenapa kau buat aku mencintai jika hanya untuk kau hempaskan. Kenapa kau buat aku mengenalmu jika hanya akan kau lupakan. Kenapa kau hadir dalam hidupku jika akan berlalu dan hilang. Jika aku berarti bagimu kenapa kamu tidak menahan langkahku ketika aku menjauh darimu. Jika aku adalah hati dan hidupmu kenapa kamu tak menjadikanku bagian penting dalam hidupmu. Jika benar- benar mencintaiku kenapa melepasku ketika aku akan menjauh. Katamu demi kebahagianku, apa kamu tahu, kamulah bahagiaku.

Ketika aku mencoba menjauh darimu, aku hanya ingin kamu menahan langkahku. Aku hanya ingin tahu seberapa besarkah rasa sayangmu padaku, apa kamu akan mencegahku menjauh atau justru benar - benar melepaskanku. Ketika aku tak mengungkapkan rasa sayangku, ketika aku tak menunjukkannya padamu, masihkah kamu menyayangiku. Ketika aku bilang aku benci kamu, ketika aku bilang tak suka lagi padamu, apakah kamu benar- benar percaya itu. Satu hal saja yang perlu kamu tahu, aku hanya ingin tahu seberapa besar kamu menginginkanku. Hanya sebatas rasaku padamu atau melebihi itu.

Dan ketika kamu tak bicara padaku, tak bertanya kabarku, tak menulis untukku, aku tahu sekarang.
Sebatas itulah rasa sayangmu padaku.

(Teruntuk - kawan lama, di sebuah kampus )

Sabtu, 27 Oktober 2012

CARA MELURUHKAN BATU GINJAL TANPA OPERASI

CARA MELURUHKAN BATU GINJAL TANPA OPERASI


Pernah dengar batu ginjal ? Bagi kamu yang tinggal di daerah berbatu kapur pasti tak asing dengan yang satu ini. Sebenarnya ini cuma sharing aja pengalaman sendiri, syukur syukur berguna bagi orang yang membaca ini. Tapi sebelumnya aku mau kasih nasehat buat temen temen yang gak suka air putih, mulai detik ini juga ambil air putih dan coba untuk sukai itu, gak pake tapi gak pake beralasan apapun. Terutama anda yang bekerja lebih banyak duduk berjam jam kesehariannya atau bahkan setiap hari hanya duduk (anda yang bekerja di kantor, seperti sopir, pelayanan tiket dll) .Dan satu hal lagi bagi yang suka menahan untuk pee, mungkin sibuk didepan labtop maen game sampe males beranjak, atau pas tidur males bangun masih ngantuk, oke !! mulai sekarang ini juga harus didelete dari kebiasaan kamu, karena ini sama bahayanya. Terlebih buat yang cowok yaa, soalnya biasanya yang lebih besar resikonya niy cowok karena masalah anatominya gitu. 
  

Cerita dimulai 

Pernahkah pinggang anda berasa sakit entah sebelah kanan atau sebelah kiri atau bahkan mungkin dua duanya ( bukan ditulang punggung tapi tepat dekat tulang punggung anda dimana ginjal berada). Jangan anggap remeh ya,sebab mungkin tubuh anda sedang menberitahu anda bahwa ada sedikit masalah dengan ginjal anda. Kecuali anda baru saja mengangkat berat, itu mungkin saja otot anda terkilir atau agak tegang saja. Jadi sebenarnya aku yang termasuk dari orang orang yang gak bisa minum air putih ( minumnya the ,kopi, dll hehe), dan lebih parahnya ngulinya aku tuh memaksa aku buat duduk tiap hari diruangan ber ac (gak pernah keringetan jadi males minum) dah gitu emang akunya susah banget minum. Temen aku bilang ‘aku kayak onta’ habis makan juga gak harus minum ,dulunya sih.Oh ya aku juga suka banget sama makanan yang pedes pedes, hati hati juga dengan kebiasaan yang satu ini bukan hanya lambung yang kasihan tetapi ginjal juga. Nah aku kesehariannya seringnya minum teh (sekalian buat diet -kata orang) dan memang dikeluarga aku di kampung juga tiap pagi dan sore selalu ngeteh. Sebenarnya gejala sakit pinggang sering aku rasakan tapi seringnya juga aku abaikan. Sampai suatu ketika teman aku satu kantor yang punya kebiasaan seperti aku soal minum , didiagnosa batu ginjal dan harus operasi. Dari situ aku dah mikir jangan jangan kebiasaan ku juga bisa berakibat kayak gitu.

Rumah sakit

Suatu hari pinggang dan perut bagian bawah sakit bukan main, tak tahan sakit aku ke dokter , tes urine hasilnya didiagnosa ISK. Antibiotik lagi antibiotik lagi.Hal ini berulang beberapa kali kupikir ini masalah ginjalku dan bukan hanya sekedar ISK,kutanya dokternya apa ginjalku baik baik saja, dokternya bilang ‘ya ini ginjalnya infeksi, kalau mau tahu kondisi ginjalnya ya cek lab yang lebih lengkap lagi’( dengan nada agak tinggi dokter cewek itu jawabnya). Hingga akhirnya aku kolik ( istilah pak dokter buat sakit yang dah teramat sakit sampe harus tiduran saja) sakit menjalar hingga perut dan punggung, aku muntah muntah di kantor dan bolak balik kamar mandi,gak doyan makan , bau bauan makanan bikin muntah muntah terus. Baru deh aku disuruh cek lab ginjal lengkap ( aduuh kenapa gak dari kemarin kemarin ), cek labnya namanya BNO apa gitu, hasilnya positif batu ginjal. Tau gak foto rongtennya berkali kali loh pokoknya sampai hasilnya kelihatan,pake puasa ,pake makan bubur dan kecap aja,pake disuntik suntik obat banyak banget sebelum rongten, untungnya yang foto dokternya cakep hehehe.Waktu aku kesakitan aku disuntik obat buat ngilangin sakitnya yang hanya bekerja sekitar 6 jam an habis tuh obat ilang pengaruhnya ,kolik lagi. 

Akhirnya karena aku agak gak puas dengan pelayanan RS itu ,karena RS swasta dimana dokter nya pake acara nunggu ,maka aku pindah ke RS lain yang lebih besar.Dan aku juga agak kurang sreg karena di RS itu suka banget suntikin obat sampe sampe aku tanya ‘ini suntik apa lagi mbak?’ ,juga karena masalah diagnosa awal yang sama terus hingga beberapa kali datang bukannya langsung cek ginjal lengkap. Pas menunggu waktu operasi di RS yang ke dua (maklum pake kartu jamkes dari kantor) aku dikasih tahu oleh sodara aku bahwa dulu ada paklik dan sodara lainnya yang sakit gitu dan minum rebusan daun tempuyung katanya batunya keluar sendiri. Baru nyadar ternyata penyakit ini familiar banget bagi mereka dan bukan sesuatu yang menakutkan lagi, ya karena kebiasaan minum itu tadi. Setengah gak percaya tapi boleh juga dicoba pikirku, aku dikirim daun keringnya yang tinggal rebus. Tapi oleh temen kantor malah ada yang bilang suruh minum kapsul CALCUSOL , nah ini lebih praktis pikirku gak pake rebus rebus tinggal minum kapsulnya.Akhirnya diantara rasa putus asa dan berharap kesembuhan bismillah.. aku coba minum Calcusol ini 2 kapsul 3 kali satu hari. Kandungan obat ini ekstrak Sonchi folium 500 mg,dan obat ini hanya untuk orang yang kena batu ginjal atau batu kandung kemih yang sudah ditetapkan oleh dokter. Satu botol isi 30 kapsul harga nya juga tidak begitu mahal sekitar 26 ribuan.Hari kelima aku minum itu sakit dipinggang tak tertahan dan makin menjadi,suntikan penghilang rasa sakit yang langsung bikin ngantuk ( fly mungkin hehe)berulang disuntikkan, di rumah sakit itu aku nyerah dengan sakitnya dan siap operasi saja.Tapi di RS ini beda karena pas aku kesakitan gak langsung main suntik aja apalagi obat penghilang rasa sakit kan kebanyakan dari obat obat turunan psikotropika gitu ( hehe bener gak ya??). Aku tau nya dari masku sama si mas perawatnya yang guyon sama temennya gini ‘ niy mau gak satu mili aja’ padahal aku dah meringis ringis pake nangis nahan sakit. Aku masih minum air putih banyak, jangan tanya bolak balik berapa kali ke kamar mandi waktu itu, harus sabar pokoknya kalo lagi sakit. Alhamdulillah...sore habis sholat magrib ke kamar mandi tuh batu keluar disertai sakit bukan main,tapi masih lembek sih ( jangan bayangin kayak batu kali yang keras gitu). Diluar lama lama batunya makin keras berwarna putih ,rupanya obat itu melembekkan dan melarutkan batu di ginjalku. Habis itu alhamdulilah lega bukan main dan koliknya menghilang disertai nafsu makan yang mulai membaik. Dokternya yang periksa paginya agak ‘gimana gitu’ liat si batu tergeletak di tisu di tanganku,mana dokernya keroyokan 6 ato 7 dokter kalo meriksa, mana cowok semua aduuuh.. untung gak jadi operasi. Alhamdulillah banget pokoknya. 

Finally

Nah sekarang jangan sungkan sungkan minum air putih ya, kalau kebutuhan minum siy gak harus literan gitu, tergantung aktivitas sama badan seseorang juga. Kamu yang paling tahu seberapa banyak kebutuhan air tubuhmu. Makin sering berkeringat makin banyak minumnya, habis makan pedas harus minum banyak, termasuk juga kalau haus harus segera minum juga (tapi pas gak puasa ya..heheh), kalo mau pipis jangan ditahan, itu semua sama pentingnya. Karena menahan kencing sama halnya membiarkan bakteri dan sampah berlama lama di tubuh yang seharusnya dibuang/ dikeluarkan. Kalau harus duduk lama hingga berjam jam pernah baca katanya tiap lima belas menit hingga satu jam usahakan untuk berdiri atau sekedar berjalan jalan sekitar ruangan.Kalau soal kol ,buncis dan jerohan yang katanya pantangan,pernah kutanya dokter katanya belum ada penelitian soal itu,mungkin sugesti aja katanya. 

Pinjem kata pak dokter yaa...‘ Air bagi tubuhmu itu, ibarat oli buat organ organ penting tubuhmu.
Oke ,semoga bermanfaat ^-^

Jumat, 27 Juli 2012

I LOVE YOU

I LOVE YOU
I LOVE YOU

Apa kabar ..aku mau bicara sama kamu.. Perasaanku padamu tak berubah dari sejak mataku menatap matamu bertahun tahun lalu, Hanya caraku berpikir yang didewasakan waktu dan keadaan membuatku dituntut bersikap lebih logis..logikanya harusnya aku melupakan kata hatiku,tapi...tak semudah itu,jika kamu tanya perasaanku..jawabnya "semua tak berubah,aku selalu sayang padamu"..jika itu melegakan hatiku dan...mungkin hatimu.Jika kamu sayang padaku..katakan saja,jika kamu kangen ...bilang saja ^_^ Akan ku katakan semua kosa kata cinta yang ada di kamus jika itu membuatmu yakin padaku. Catat : aku sayang padamu...selalu ^_^

Senin, 23 Juli 2012

APA YANG KAMU PIKIRKAN

APA YANG KAMU PIKIRKAN
Apa beda manusia dengan boneka ini
Nyadar gak sih segala sesuatu yang datang ke dalam hidup kita ditarik oleh kita kedalam hidup kita.Dan segala sesuatu itu tertarik ke kita karena apa yang kita pikirkan, baik itu hal baik atau hal yang buruk sekalipun.Dan masalahnya terkadang kita lebih fokus memikirkan kejengkelan kejengkelan kita atau memikirkan hal yang justru tidak kita sukai walhasil yang kita temui tak lain dan tak bukan semakin membanjirlah hal yang tidak kita sukai itu( pengalaman pribadi banget).Misal niy kita lagi jengkel banget sama seseorang,kita dirumah mikir dia,di jalan mikir dia,makan mikir dia (padahal jengkel banget niy)dan yang terjadi eh kita malah ketemu dia,denger orang bahas kota asal dia,apapuuun yang buat kita tambah jengkel bukan main. 

Pernah niy baca buku kalau hukum tarik menarik itu menyatakan bahwa kemiripan menarik kemiripan, dan itu lebih menitik beratkan ke wilayah pikiran kita ( bingung gak sih ?) .Gini deh contohnya pernah kan suatu waktu kita punya temen yang gak cuma punya hobi sama ( sama sama suka nulis misalnya ) atau suka group band yang sama,sadar gak sih itu bukan kebetulan tetapi karena kita menarik atau justru mencari sesuatu yang mirip dengan kita. Maka dengan itu kayaknya setiap kali pikiran buruk dan emosi menyerang ada baiknya kita cooling down dulu niy ,dengerin lagu kesukaan kita,mandangin binatang kesayangan kita ( kalo ada )dll .

Selasa, 17 Juli 2012

BUKAN SESUATU

BUKAN SESUATU

Abunya bertebaran sedari minggu malam, Tak ada yang istimewa..., Karena sama bergolaknya dengan pikiranku, Aku sedikit protes pada yang tak seharusnya ku protes, Pada yang kusayang pada yang segalanya, aku tau aku lancang........., aku emosi..aku suntuk, Dan begitulah alam bekerja, Mensetting pikiran kita tak semudah Teorinya, Masih saja tentang kamu........















Senin, 23 April 2012

MOVIE REVIEW


“ HUGO ”


Di film ini si Hugo Cabret lah sosok yang menawan,matanya yang biru ,wajahnya yang polos dan paling kusuka aksennya hehe kaya liat film Harry Potter ,Narnia dan semacamnya.Kalo ceritanya sih menurutku gak begitu bagus bahkan terkesan lebih menonjolkan penggalan film film lama yang banyak sekali diputar atau asal mula film/movie itu sendiri pada bagian bagian akhir cerita.Yang menarik lagi setting waktunya,dan warna film ini yang cenderung klasik sesuai setting waktunya.Kalo yang cewek sih aku dah liat dia di “LET ME IN “ yang horror itu.Dan pemeran di film ini juga gak begitu banyak hanya keluarga Isabelle ,Papa Georges Mellies si empunya toko mainan ( bapak angkat Isabelle ) dan istrinya,penjaga perpustakaan,penjual bunga, dan penjaga stasiun dengan anjingnya yang selalu mengejar ngejar Hugo ,setting tempat juga hanya seputaran stasiun kereta api di Paris doang.



Berkisah bagaimana Hugo yang tinggal di sebuah menara jam besar di kota Paris Perancis dan suka mencuri barang barang yang selalu kejar kejaran dengan si Penjaga. Dimana si penjaga tersebut jatuh hati pada si penjual bunga / Miss Lisette yang menjual bunganya di dekat stasiun.Lantas juga bercerita tentang bagaimana Hugo menemukan warisan berharga dari ayahnya yang meninggal akibat kebakaran berupa sebuah robot yang rusak yang Hugo coba untuk perbaiki. Dari robot inilah nantinya dia bertemu Isabelle ( pemilik kunci yang bisa menghidupkan si robot) dan keluarga papa Georges yang adalah sahabat karib ayahnya. Dan membuka kembali sejarah pembuatan film film oleh papa Goerges, yang semula adalah seorang pesulap, yang di beritakan sudah tewas.Kisahnya sih kirain tuh robot ada rahasia apa gitu ,eh ternyata si robot berbentuk orang yang gundul itu hanya menggambar dari movie pertama papa George dan yah..gitu aja endingnya buat si robot juga ngegantung kirain kaya film film misteri yang biasa diperanin anak anak gitu.Dan ya happy ending lah ,si Hugo jadi anggota keluarga Isabelle, dan diputarnya kaset kaset movie lama yang dikira sudah dimusnahkan pada saat perang.

Ini menurut penilaianku aja,karena aq hobby banget nonton film film baru, mungkin ada yang setuju mungkin juga ada yang tidak,monggo saja…

“ COLOMBIANA ”



Aq suka banget film ini, muter berulang kali tetap aja suka, tokohnya cewek hitam manis ,menurutku sih gak begitu cantik tapi aksinya di film ini yang menbuat aq suka. Cewek manis ini namanya CATALEYA , seperti nama anggrek di Columbia sana.Hampir seseru nonton si Jolie di “SALT” bedanya di Salt ceweknya bekerja sebagai agen FBI resmi yang dilatih dari agen rusia sedari kecil sedangkan di Cataleya hanya orang biasa dari keluarga seorang gangster yang dilatih pamannya sedari kecil sebagai seorang pembunuh, sama sama asik sih..jadi keinget Xena ya heheheh.


Colombiana bercerita tentang cewek bernama Cataleya yang membalaskan dendam atas kematian ayahnya. Ayahnya dan keluarganya yang dibunuh oleh mafia teman ayahnya sendiri , disitu Cataleya diberi sebuah chip yang berisi sebuah informasi yang bisa menjadi passport untuknya ke tempat pamannya atau ke tempat yang lebih aman , dan chip inilah yang dicari cari karena berisi informasi penting.Cataleya kecil berhasil melarikan diri lalu ke tempat polisi tetapi tetap saja melarikan diri untuk mencari pamannya. Dari pamannya ini dia dilatih untuk menjadi pembunuh atas keinginannya sendiri untuk membalaskan dendam dan mencari pembunuh ayahnya.Kemudian Cataleya mulai membunuh para penjahat penjahat besar dan mulai di cari polisi.Dia selalu membubuhkan gambar bunga Cataleya di setiap korbannya. Identitasnya yang tersembunyi terungkap disaat kekasihnya menfoto dirinya disaat tidur yang foto tersebut di cari identitasnya oleh temannya sendiri. Persembunyiannya akhirnya terlacak dari telepon sang kekasih. Ketika identitasnya terungkap justru keluarga pamannya dibunuh semua oleh gangster musuhnya. Disini dia mulai menemui sang kepala polisi dan menerangkan siapa dirinya dan maksudnya. Kerjasamanya ini pun akhirnya membuat dia akhirnya menemukan pembunuh ayah dan ibunya serta pembunuh keluarga pamannya. Baku tembak terjadi hanya antara Cataleya dan para gangster dan finally si pemimpin yang dicari carinya dibunuh dengan cara mengerikan yaitu diumpankan ke dua anjing pitbull peliharaan Cataleya yang sudah dimasukkan ke mobil musuhnya itu.

Aq suka film aksi yang bintangnya cewek gini,bagaimana dengan kamu ??